Published on Cyber Extension - Pusluhtan Kementan
(http://cybex.pertanian.go.id)
email sekretariat : cyberextension@gmail.com

BALI > KABUPATEN TABANAN >

Manfaat Wortel (Daucus carota L.) Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sumber Gambar: dok.Kuspianto

Wortel merupakan tanaman sayuran yang diambil umbinya. Umbi wortel berwarna oranye terang, rasanya gurih, renyah dan sedikit manis. Sayuran ini dikenal sebagai sumber vitamin A, selain itu wortel juga mengandung banyak vitamin B dan vitamin C.
Dilihat dari bentuknya terdapat tiga jenis wortel. Pertama, jenis imperator. Umbinya bulat dan panjang, ujungnya lancip, terdapat akar serabut pada umbinya. Kedua, jenis chantenay. Umbinya bulat dan panjang bersih dari akar serabut, ujungnya tumpul cenderung membulat. Ketiga, jenis nantes. Sifat dan bentuknya campuran dari kedua jenis di atas.
Budidaya wortel paling cocok dilakukan di dataran tinggi dengan ketinggian lebih dari 1000 m dpl. Meskipun begitu, budidaya wortel masih bisa dilaksanakan pada lahan di atas 500 m dpl. Tanaman wortel menyukai tanah yang mengandung banyak humus dan gembur dengan tingkat keasaman antara pH 5,5-6,5. Wortel ini merupakan tumbuhan biennial atau siklus hidup 12 - 24 bulan yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah yang besar untuk tumbuh berbunga pada tahun ke dua. Batang bunga dapat tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih. Wortel merupakan tanaman yang hanya dapat tumbuh pada dataran tinggi. tanaman ini membutuhkan lingkungan tumbuh dengan suhu udara yang dingin dan lembab. Untuk pertumbuhan dan produksi umbi dibutuhkan suhu udara optimal antara 15,6 hingga 21,1 derajat C. Suhu udara yang terlalu tinggi atau panas seringkali menyebabkan umbi kecil-kecil dan berwarna pucat/kusam. Bila suhu udara terlalu rendah, maka umbi yang terbentuk menjadi panjang kecil.
Di Kabupaten Tabanan Provinsi Bali, daerah yang paling cocok untuk melakukan budidaya wertel adalah di Kecamatan Baturiti, karena di daerah Baturiti ini mempunyai ketinggian sampai 1.200 m dpl. Walaupun demikian khususnya di Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan hampir setiap hari di Pasar Tradisional Marga ada yang menjual wetel baik wertel lokal maupun wertel import. Untuk wertel lokal yang berasal dari Kecamatan Baturiti di jual antara Rp. 12.000 - Rp. 13.000 per kg, sedangkan wertel import di jual dengan harga Rp. 30.000 per kg. Karena wertel ini sangat mudah mendapatkannya, pada kesempatan ini kami akan memberikan imformasi tentang kasiat wertel untuk kesehatan dan kecantikan.
Manfaat wortel sangat beragam, tidak hanya untuk kesehatan tapi juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya, Wortel merupakan sayuran yang sangat berkhasiat. Wortel yang secara luas dikenal sebagai sumber vitamin A, ternyata memiliki segudang manfaat lain. Tentu saja apabila sayuran bewarna oranye ini, dikonsumsi secara rutin. Sama seperti manfaat buah dan sayuran pada umumnya, manfaat wortel ini juga sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia.
Kandungan Gizi Wortel, menurut Depertemen Pertanian Amerika, satu wortel berukuran sedang atau ? cangkir wortel cincang dapat dianggap sebagai satu porsi. Satu porsi wortel memiliki kandungan 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula dan 1 gram protein.
Wortel kaya akan vitamin A, wortel adalah makanan yang paling kaya akan vitamin A, menyediakan sekitar 210% dari kebutuhan orang dewasa per hari. Wortel juga mengandung 6% dari kebutuhan vitamin C, 2% dari kebutuhan kalsium dan 2% dari kebutuhan zat besi per porsinya.
Antioksidan, sayuran ini memiliki kandungan antioksidan beta-karoten yang menjadikan wortel memiliki warna oranye yang cukup terang. Beta-karoten diserap dalam usus dan diubah menjadi vitamin A selama proses pencernaan.
Kandungan Vitamin dan Mineral, wortel merupapakan sayuran yang sangat super, ia juga mengandung serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, magnesium, vitamin E dan seng yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.
Manfaat Wortel, di dalam wortel memiliki kandungan hidrat arang, fosfor, beta karoten yang menjadikannya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan beta karoten, dipercaya ampuh untuk mencegah tubuh dari serangan kanker. Penelitian menunjukkan, orang yang mengkonsumsi wortel 2 kali sehari, dapat menurunkan 17 % resiko penyakit kanker payudara. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa wortel dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Peneliti menemukan zat falcarinol dan falcarindiol yang merupakan zat antikanker.
Falcarinol adalah pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur. Wortel adalah salah satu-satunya sumber sayuran yang memiliki zat ini.


Manfaat wortel untuk kulit dan kecantikan:

Manfaat wortel pada kulit terletak pada kandungan vitamin A dan kandungan zat-zat pendukung lainnya, yamg mampu menjaga kulit agar tetap cantik dan bersinar. Wortel menghilangkan noda hitam pada kulit, akibat pigmentasi. Penggunaanya bisa langsung dikonsumsi atau dibuat sebagai bahan masker. mengkonsumsi wortel secara rutin, akan sangat membantu untuk mencegah serangan berbagai macam penyakit kulit.

Manfaat Vitamin A dari wortel antara lain: Merawat mata, Mencegah kanker, Antioksidan, Baik untuk kulit manusia, dan Baik untuk mencegah penuaan dini.

Manfaat Vitamin K wortel antara lain: Membekukan darah, Mencegah diabetes dan Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

Manfaat Vitamin B wortel antara lain: Memelihara sistem pencernaan, Meningkatkan memori, Memecah homosistein.

Penyajian wortel yang enak:


1). Jus wortel ? Jus beberapa wortel, masukkan susu dan gula serta air sesuai selera,
rasanya cukup enak.
2). Dimasak sebagai sayuran, banyak masakan yang menggunakan wortel seperti cap
cai dan sop.
3). Masker ? Haluskan wortel, lalu oleskan pada wajah atau kulit yang ingin di rawat.


( I Nyoman Kuspianto, SP. BP3K Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali)

Tanggal Artikel Diupload : Minggu, 03 Feb 2019
Tanggal Cetak : Minggu, 21 Apr 2019

Kementerian Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian
Jl. Harsono RM No.3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Telp/Fax. 021-7804386