Published on Cyber Extension - Pusluhtan Kementan
(http://cybex.pertanian.go.id)
email sekretariat : cyberextension@gmail.com

SULAWESI TENGAH > KABUPATEN BUOL >

Mekanisasi Pertanian Dorong Peningkatan Produksi Melalui Optimalisasi Alsintan

Sumber Gambar: Dok. Pelatihan Alsin

[Distan-KP] Komitmen Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Buol dalam mendorong peningkatan produksi melalui pemanfaatan teknologi mekanisasi pertanian terus digalakkan tidak hanya dalam pembukaan lahan tapi juga sampai kepada panen dan pasca panen. Penggunaan teknologi mekanisasi pertanian melalui beberapa jenis alsintan selain mengatasi kekurangan tenaga kerja juga mempercepat proses budidaya dan pasca panen yang efektif dan efisien.

Untuk mendorong hal tersebut, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Buol bekerja sama dengan salah satu perusahaan pemegang merk alsintan yaitu GATRA Surabaya baru-baru ini melaksanakan on the job training bagi operator beberapa jenis alsintan yang dimiliki Dinas. Training yang dilaksanakan selama satu hari, Kamis (25/10) selain pengenalan terhadap instrumen operasional beberapa jenis alsintan juga dilakukan test drive beberapa peralatan yang masih terbilang baru di Kabupaten Buol yaitu jenis Big Loader (traktor serbaguna).

Diharapkan dengan adanya training ini akan semakin meningkatkan kapasitas SDM khususnya operator dan petugas lapangan dalam mengoperasikan beberapa jenis alsintan dan selanjutnya bisa memberikan pembinaan kepada petani dalam pemanfaatan alsintan bagi usaha tani yang dijalankan sehingga pada akhirnya akan terbiasa memanfaatkan teknologi dalam proses budidaya.

?

Bidang Prasarana, Sarana dan Penyuluhan

Tanggal Artikel Diupload : Minggu, 03 Feb 2019
Tanggal Cetak : Rabu, 21 Agu 2019

Kementerian Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian
Jl. Harsono RM No.3 Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Telp/Fax. 021-7804386