Materi Penyuluhan

SAPI PASUNDAN, ANDALAN PETERNAK JAWA BARAT

Selasa, 22 Nov 2022
Sumber Gambar : www. google.com

SAPI PASUNDAN, ANDALAN PETERNAK JAWA BARAT

 

“Berbagai jenis sapi lokal telah dipelihara para peternak. Salah satu diantaranya adalah sapi Pasundan yang berasal dari provinsi Jawa Barat.  Sapi yang satu ini sangat menguntungkan karena memliki banyak keunggulan”

 

Sapi Pasundan merupakan ras sapi potong yang menjadi salah satu sumber daya genetik (SDG) ternak asli Jawa Barat. Sapi, yang sebaran populasinya berada di dua wilayah penting, yakni wilayah sepanjang pesisir selatan Jawa Barat dan wilayah zona penyangga hutan lindung sepanjang wilayah Parahyangan utara ini harus dilestarikan, dimuliakan dan dikembangkan di masyarakat.

Pada beberapa daerah di Jawa Barat sapi Pasundan lebih dikenal dengan sebutan sapi Rancahsapi Kacang, atau sapi Pesisir. Sapi pasundan memiliki sifat reproduksi yang baik, tahan cekaman panas dan telah dipelihara secara turun temurun serta telah menyatu dengan kehidupan masyarakat peternak Jawa Barat selama ratusan tahun.

Sapi Pasundan juga telah ditetapkan sebagai rumpun ternak lokal Indonesia berdasarkan SK Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 1051/Kpts/RI/SR.10/2014. Keunggulannya, selain lebih mudah beradaptasi dengan perubahan cuaca yang berdampak positif terhadap sistem kesehatannya, sapi Pasundan tidak mudah stres dan memiliki prosentasi karkas yang cukup baik, pada kisaran 50% dengan berat bisa mencapai 300-350 kg. Sapi dari Jawa Barat ini memiliki perbedaan tinggi badan yang tidak begitu signifikan antara jenis sapi jantan dan sapi betina. Untuk jenis sapi jantan, mereka memiliki tinggi kurang lebih 115 cm dan sapi betina dengan ukuran 109 cm.

Pengembangbiakkan sapi jenis ini bisa dengan cukup mudah. Pasalnya, mereka tidak rentan terhadap penyakit. Perubahan lingkungan yang cukup ekstrem di Negara Tropis tidak membuat sapi-sapi ini memiliki penyakit yang susah disembuhkan. Ukurannya yang lebih kecil jika dibandingkan sapi ras lain membuat mereka lebih lincah, gesit, sehat, dan aktif.

Pakan yang bisa diberikan kepada sapi Pasundan pun sangat bervariasi. Peternak bisa memberikan pakan yang mudah didapatkan di daerahnya. Bahkan, mereka pun bisa menggembalakan sapi-sapi mereka di hutan dan padang rumput yang masih mudah ditemukan di daerah Jawa Barat.

Keunggulan Sapi Pasundan

Tidak dipungkiri, kalau akhir-akhir ini keberadaan sapi Pasundan ini terbilang sudah mulai langka. Mungkin dikarenakan beberapa fator diantaranya peternak beralih ke sapi jenis yang lain dan sebagainya. Meskipun demikian, sebenarnya sapi ini memiliki keunggulan yang luar biasa. Lebih rinci, berikut beberapa keunggulan dari jenis sapi asal Jawa Barat ini.

  1. Tahan terhadap cekaman lingkungan

Tidak semua jenis sapi akan bertahan terhadap cekaman lingkungan. Beberapa jenis sapi

yang biasa hidup di daerah 4 musim pastilah tidak bisa hidup dengan baik di Negara yang panas seperti Indonesia ini.

Meskipun demikian, sapi Pasundan sangatlah tahan terhadap cekaman lingkungan. Mereka bisa hidup di daerah yang notabene memiliki hawa yang panas dan ekstrem.

  1. Tahan terhadap penyakit tropis

Di daerah yang beriklim tropis, banyak penyakit yang mengincar hewan Ruminansia termasuk hewan sapi. Meskipun demikian, sapinya orang Sunda ini sangat sehat dan tahan terhadap berbagai penyakit daerah tropis yang sering mengincar mereka. Daya tahan tubuhnya cukup kuat dan menjadikan mereka tidak mudah sekitar karena virus maupun hama.

  1. Pemeliharaan mudah

Pemeliharaan sapi jenis ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Bisa dikatakan, ini akan membuat peternak menjadi lebih hemat biaya untuk memelihara jenis sapi ini. Mereka tidak memiliki pakan yang dikhususkan. Peternak bisa memberikan makan rumput hijau segar yang sudah diambil atau pun menggembalakan langsung di tempatnya.

  1. Kualitas daging baik

Selain memiliki kualitas karkas yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis sapi lainnya, sapi dari Pasundan ini juga memiliki kualitas daging yang lebih baik. Meskipun sebagian besar dari sapi asal Jawa Barat ini memiliki bobot yang kecil, namun ada juga yang mencapai 700 kg dengan perawatan yang benar-benar baik.

Hewan ternak sapi memang menjadi komoditi yang cukup diincar di Indonesia. Apalagi di daerah perkotaan.Kebutuhan akan daging merah dan permintaan yang melimpah membuat berbagai macam jenis daging sapi banyak dicari. Salah satu jenis daging sapi yang paling banyak diminati adalah daging sapi Pasundan yang memang lembut dan menyehatkan.

Demikianlah sekilas informasi tentang sapi Pasudan yang perlu diketahui semoga bermanfaat (Inang Sariati).

Sumber informasi:

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/02/Pakuan.jpg

https://ditjenpkh.pertanian.go.id/berita/88-sapi-pasundan-plasma-nutfah-kebanggan-jawa-barat

https://ditjenpkh.pertanian.go.id/berita/88-sapi-pasundan-plasma-nutfah-kebanggan-jawa-barat

PENGUNJUNG

27506

HARI INI

105217

KEMARIN

51372530

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook