Gerbang Nasional

Skim Pembiayaan Untuk Pertanian Organik

Selasa, 16 Nov 2021
Sumber Gambar : http://kominfo.jatimprov.go.id

[JAKARTA] Target pembangunan jangka menengah nasional sektor pertanian tahun 2020-2024 dalam rangka meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian diantaranya pertanian rendah biaya, mekanisasi dan riset serta ekspansi pertanian. Peningkatan kualitas tanaman dapat dilakukan dengan cara mengurangi pengunaan pupuk kimia digantikan dengan pupuk organik.

Agenda kegiatan Mentan Sapa Petani dan Penyuluh (MSPP) volume 42 yang dilaksanakan pada hari Jumat (12/11/2021) bertemakan Skim Pembiayaan Untuk Pertanian Organik, dibuka oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nuryamsi. Pada arahannya Dedi mengatakan negara-negara maju saat ini menghindari makanan yang mengandung residu logam, agrokimia untuk mempertahankan pangan mereka.

“ Salah satu permintaan negara tujuan espor saat ini adalah kualitas pangan, mereka menginginkan pangan yang sehat”. jelas Dedi.

Narasumber MSPP, Indah Megahwati, Direktur Pembiayaan Pertanian, Ditjen PSP mengatakan pertumbuhan nilai investasi produk organik di dunia diprediksi akan terus meningkat mencapai $327.600 juta pada 2022 yang sebelumnya $115.984 pada 2015, atau akan mengalami peningkatan compound annual growth rate (CAGR) sebesar 16,4%.

Lebih lanjut Indah menjelaskan bahwa strategi pembangunan pertanian mendorong ketahanan pangan, peningkatan daya saing dan pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan kapasitas produksi, diversifikasi pangan lokal, penguatan cadangan dan sistem logistik pangan, pengembangan pertanian modern dan gerakan tiga kali ekspor.

“Tiga besar komoditas organik yang diproduksi Indonesia yaitu kopi organik, beras organik dan madu organik”. jelas Indah.

Salah satu dukungan sumber pembiayaan untuk pengembangan pertanian organik dapat melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Targer KUR untuk tanaman pangan sebesar 26,8 T, hortikultura 15,3T, peternakan 7,8 t dan perkebunan 20,1 T. “Pemanfaatan KUR dilakukan melalui produksi hulu, hilir , teknologi pertanian dan alat mesin pertanian”. tutup Indah.hvy

PENGUNJUNG

52978

HARI INI

73870

KEMARIN

50758610

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook