Diseminasi Teknologi

Mengenal Manfaat dan VUB Padi Tipe Khusus

Jum'at, 29 Okt 2021
Sumber Gambar : https://kabartangsel.com/bolehkah-makan-nasi-merah-setiap-hari/

Padi merupakan komoditas tanaman pangan penghasil beras yang memegang peranan penting dalam kehidupan ekonomi di Indonesia. Konsumsi masyarakat Indonesia akan beras dari tahun ke tahun semakin meningkat sejalan dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk. Beras sebagai makanan pokok sangat sulit digantikan oleh bahan pokok lainnya walaupun selama ini selalu digaungkan diversifikasi pangan sebagai upaya mengurangi konsumsi beras.

Selama ini keberadaan beras menjadi prioritas utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan asupan karbohidrat yang dapat mengenyangkan dan merupakan sumber karbohidrat utama yang mudah diubah menjadi energi. Sekarang Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah merilis beberapa varietas-varietas padi khusus yang tidak hanya mengenyangkan perut tetapi juga memiliki kandungan pigmen yang tinggi.

Perubahan gaya hidup dan pola konsumsi pangan di masyarakat, mengakibatkan timbulnya penyakit degeneratif. Padi dengan sifat-sifat khusus merupakan bahan pangan utama yang berasnya mengandung satu atau lebih komponen pembentuk yang mempunyai fungsi fisiologis tertentu dan bermanfaat bagi kesehatan, sehingga padi dapat disebut sebagai padi fungsional.

Jenis beras yang paling umum dikonsumsi di Indonesia adalah beras putih. Selain itu, ada banyak jenis beras yang berbeda dalam warna, rasa, tekstur, hingga nilai gizinya. Beberapa jenis beras kaya akan nutrisi dan senyawa tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan diantaranya adalah beras cokelat, beras hitam, dan beras merah.

Penelitian menunjukkan bahwa beras merah berpotensi melawan bahaya radikal bebas secara signifikan. Berikut ini manfaat menkonsumsi beras merah: 1). Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian; 2). Mencegah penyakit jantung; 3). Menurunkan kolesterol; 4).Mencegah diabetes; 5).Mencegah kanker; dan 4). Menurunkan berat badan

Sedangkan manfaat menkonsumsi beras hitam (tinjauan dr. Meva Nareza,2020) adalah: yang bisa Anda dapatkan 1). Mengurangi risiko terkena kanker; 2). Memperkuat imunitas tubuh; 3). Meningkatkan energi; 4). Melancarkan pencernaan; 5). Membantu menurunkan berat badan; Mencegah sindrom metabolic

Berikut adalah varietas unggul padi tipe khusus:

Varietas Jeliteng, Jeliteng berasal dari nomor seleksi B13486D-4-1-PN-2-MR-3-3-3, merupakan hasil persilangan Ketan Hitam/Pandan Wangi Cianjur. Pigmen dalam beras hitam ini dapat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung anti-oksidan atau anti inflamasi. Jeliteng merupakan varietas unggul beras hitam pertama yang dirilis Balitbangtan pada 2019.

Pamera (Padi beras merah aromatik); Pamera, dengan nomor seleksi B13840E-MR-39-2-3-1 merupakan hasil persilangan Pusa Basmati 4/HB118 (PN III)// Pusa Basmati 4/ Pandan Wangi Cianjur///Bahbutong. Varietas ini mempunyai tekstur nasi sedang dengan amilosa 21,1%. Total fenolik varietas ini lebih tinggi dibandingkan dengan Inpari 24, yaitu mencapai 5384,1 ± 345,8mg GAE/100 g BPK.

Pamelen (padi beras merah pulen); Varietas unggul baru beras merah pulen yang dihasilkan diberi nama Pamelen. Pamelen berasal dari nomor seleksi B12344-3D-PN-37-6, merupakan hasil persilangan IR64*2/O. rofipogon. Varietas ini mempunyai tekstur nasi pulen dengan amilosa 18,6%. Total fenolik varietas ini lebih tinggi dibandingkan dengan Inpari 24, yaitu mencapai 6929,8 ± 482,3mg GAE/100 g BPK.

Paketi (Padi Ketan Putih); Paketih berasal dari nomor seleksi B13486D-4-1-PN-2-MR-3-1-11, merupakan hasil persilangan Ketan Hitam/Pandan Wangi Cianjur. Kandungan amilosa varietas ketan putih ini lebih rendah dibandingkan dengan Ciasem (4,8%), yaitu 4,4%, sehingga kualitas ketannya lebih baik.

Inpari IR Nutri Sinc (Penangkal Stunting); Inpari IR Nutri Zinc merupakan hasil terobosan pemuliaan tanaman padi untuk menyediakan pangan dengan kandungan gizi tertentu, yaitu Zinc. Zinc atau Zn merupakan komponen pembentuk lebih dari 300 enzim yang berfungsi antara lain untuk penyembuhan luka, menjaga kesuburan, sintesa protein, meningkatkan daya tahan tubuh, dan berbagai fungsi terkait kesehatan tubuh. Salah satu efek negatif dari kekurangan Zinc adalah dapat menyebabkan stunting.

Inpari IR Nutri Zinc memiliki bentuk gabah ramping, dan ketika dipanen cukup mudah karena memiliki tingkat kerontokan sedang dan kerebahan sedang. Memiliki tekstur nasi pulen dengan kadar amilosa 16,60%, tekstur ini tentu sangat cocok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Inpari Arumba; Inpari arumba menjadi alternatif pilihan beras merah yang pulen, beraroma dan bermanfaat untuk kesehatan. Arumba berasal dari kata “arum” = wangi, dan “abang” = merah. Varietas inpari arumba mengandung antosianin (senyawa fenolik) yang bersifat sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah penyakit pada manusia. Seperti diketahui bahwa antioksidan sangat berperan dalam melindungi organ tubuh dari serangan radikal bebas yang bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Penciptaan varietas tersebut sejalan dengan kondisi yang melanda negara kita saat ini yaitu adanya wabah penyakit virus corona (covid-19).

Inpari arumba merupakan hasil persilangan antara varietas padi aromatik Sintanur dengan Bahbutong yang memiliki beras warna merah. Jenis ini memiliki kandungan Fe (13,14 ± 1,36 ppm) kandungan ZN (23,66 ± 0,25 ppm), kandungan senyawa fenolik tinggi (5,743,35 ± 124,10 mg AAE/100gBPK), kadar amilosa  ± 16,15%, dengan rata-rata hasil 6.12 t/ha dan potensi hasil mencapai 10,67 t/ha.

Rasa nasi varietas ini enak dengan tekstur pulen dan wangi sehingga dapat mengurangi stigma masyarakat bahwa beras merah cenderung perah dan tidak memiliki aroma sehingga kurang nikmat untuk dimakan.

Demikian naskah ini saya buat semoga bermanfaat bagi kita semua.

PENGUNJUNG

50369

HARI INI

58280

KEMARIN

43280746

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook