Gerbang Nasional

Kementan Dorong Peningkatan Produktivitas melalui Program Better Life Farming

Rabu, 13 Okt 2021
Sumber Gambar : Pusat Penyuluhan Pertanian

Jakarta - Penyuluh pertanian memiliki tugas meningkatkan produksi pertanian, hal ini dapat diartikan bahwa apa yang dilakukan oleh penyuluh pertanian dan yang dipikiran penyuluh pertanian adalah bagaimana meningkatkan produktivitas pertanian dengan mengimplementasikan produk pertanian dan berinovasi teknologi pertanian.

Hal tersebut senada dengan apa yang diungkapkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan. "Peningkatan produktivitas ini erat kaitannya dengan SDM. Jika SDM pertanian kita andal, saya yakin dan optimistis produktivitas kita juga akan terangkat. Tentu kita bisa bekerja dengan memanfaatkan teknologi, inovasi, jejaring dan kerjasama yang kuat," ujar Mentan SYL.

Peningkatan produktivitas pertanian ini bisa tercapai jika ada partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat. Penyuluh harus bisa bekerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan produktivitas sebagai tujuan pembangunan pertanian.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi mengatakan pada agenda Ngobrol Ayik Penyuluhan Pertanian (Ngobras) 26 secara virtual melalui Agriculture Operational Room (AOR), BPPSDMP Selasa (12/10/2021) dengan tema Program Better Life Farming bagi Petani Indonesia, bahwa“Jika kita melakukan kerjasama, maka akan menghasilkan output dan dampak yang jauh signifikan dibandingkan dengan jika kita bekerja sendiri” ungkap Dedi.

Dalam kegiatan tersebut hadir Direktur Bayer Indonesia, Patrick Gerlich sebagai narasumber dan menjelaskan program yang telah dilaksanakan oleh PT Bayer yaitu Program Better Life Farming. Termasuk aktivitas di area BLF yang meliputi sekolah lapang, temu lapang spesial, training BLFCs, BLFCs difasilitasi agri-service lainnya (POS, Drone, pasar, dll), Whatsapp group, SMS blast, pendampingan, akses petani-petani ke layanan BLFC serta program komersial dan campaign.

Better Life Farming memiliki tujuan meningkatkan produktivitas tanaman dan kualitas panen serta meningkatkan pendapatan petani melalui akses teknologi dan pengetahuan pertanian, akses finansial/ pembiayaan, akses pemasaran dam mitigasi resiko usaha/ asuransi Pertanian.

Melalui program Better Life Farming, PT Bayer memiliki tujuan yang sama dengan Kementerian Pertanian yaitu untuk meningkatkan produksi dan mensejahterakan kehidupan petani. Kepala Badan PPSDMP memberikan apresiasi dan mendukung kerjasama PT Bayer dengan Kementerian Pertanian khususnya dengan BPPSDMP.  

Pendekatan Better Life Farming yaitu melalui pendekatan inovasi teknologi agar bisa diimplementasikan di lapangan dan didukung sepenuhnya oleh penyuluh. Kita harus melakukan transformasi pertanian dari yang tadinya sebuah keharusan menjadi pertanian bisnis.

“Kerjasama memerlukan komunikasi yang baik. Frekuensi penyuluh, petani, Kementan dan PT Bayer harus sama karena memiliki tujuan yang sama.”pungkas Dedi. [dea]

PENGUNJUNG

46814

HARI INI

55732

KEMARIN

40805279

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook