Gerbang Nasional

KEAMANAN PANGAN DIMULAI DARI SISTEM PERTANIAN YANG RAMAH LINGKUNGAN

Jum'at, 01 Okt 2021
Sumber Gambar : Pusat Penyuluhan Pertanian

[ JAKARTA ] Pertanian berwawasan lingkungan pada prinsipnya adalah sistem pertanian yang memperhatikan aspek ekologi dan sosial ekonomi untuk menjamin produktivitas lahan dan kelestarian lingkungan yang berkelanjutan bagi kesejahteraan dan peningkatan kualitas hidup petan.Terwujudnya kedaulatan, keamanan pangan dan keberlanjutan perlu didukung oleh Teknologi Ramah Lingkungan.  

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menegaskan pentingnya menjaga ketahanan pangan yang menjadi kewajiban seluruh jajaran Kementerian Pertanian. "Berdasarkan pemantauan kami, situasi ketahanan pangan saat ini dalam kondisi yang cukup stabil dan terkendali, dan terus berkoordinasi dengan satgas pangan, Kemendag dan stakeholder terkait untuk mengawal agar stabilitas pasokan dan harga pangan tetap terjaga,” jelas SYL.

Sementara itu agenda kegiatan Mentan Sapa Petani dan Penyuluh (MSPP) volume 35 bertemakan Panca Kelola lahan Sawah Tadah Hujan Ramah Lingkungan yang dilaksanakan pada hari Jumat (01/10/2021) di AOR BPPSDMP, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nusyamsi mengatakan bahwa Kemandirian pangan berarti kita mampu menyediakan pangan sendiri tidak perlu bantuan dan tergantung dengan orang lain.”Keamanan pangan sangatlah penting, produk pangan harus benar-benar bebas dari bahan pencemar”. ungkap Dedi.

Lebih lanjut Dedi mengatakan demi keamanan pangan agar pangan terhindar dari residu pencemaran, logam mulia, kerusakan lingkungan dapat dilakukan penggelolaan air dan tanah dengan ramah lingkungan, gunakan pupuk organik,kompos dan pestisida nabati. “Kita memperlakukan tanah dan air harus ramah lingkungan diawali dengan keamanan pangan”.ujar Dedi.

Narasumber MSPP Anicetus wihardjaka yang merupakan peneliti Balai Penelitian Lingkungan Pertanian mengatakan optimalisasi Lahan sawah tadah hujan ramah lingkungan terdiri dari  5 (lima) komponen kelola lahan ramah lingkungan yaitu Penggunaan varietas adaptif, Penggunaan pestisida nabati dalam konsep pengendalian OPT terpadu,  Pemupukan berimbang,  Pemberian bahan organik, Pengaturan air/teknologi embung.

Secara terperinci Anicetus wihardjaka menjelaskan salahsatu yang dapat dilakukan dalam pertanian ramah lingkungan dengan melakukan pemupukan berimbang yaitu Pemupukan (jumlah & jenis hara) sesuai dg kebutuhan tanaman dan tingkat kesuburan tanah, diberikan hanya hara yg kurang & dibutuhkan, kombinasi anorganik & organic untuk optimalisasi hasil prinsip tepat (dosis, waktu, cara/metode).”Pemupukan berimbang memberikan  manfaat antara lain meningkatkan hasil, meningkatkan efisiensi pemupukan, meningkatkan kesuburan tanah, menjaga kelestarian lingkungan,menghemat pupuk”. jelas Anicetus wihardjaka.

Lebih lanjut Anicetus wihardjaka mengatakan penggunaan kompos kotoran ternak memiliki keunggulan diantaranya menyuburkan tanah,mengikat pencemar residu insektisida di lahan budidaya padi sawah.Sedangkan penggunaan pestisida nabati dapat digunakan karena murah dan mudah didapatà melimpah dialam , aman bagi manusia, hewan, dan ramah lingkungan. Untuk pemakaian dosis tinggipun relatif aman , produk pertanian yang dihasilkan lebih sehat, kesehatan tanah lebih terjaga, dapat mempertahankan keberadaan musuh alami.

Optimalisasi lahan tadah hujan sebagai penopang pangan perlu dimanfaatkan secara bijak dengan memperhatikan faktor –faktor keterbatasan lingkungan. Penutup Pengelolaan lahan pertanian perlu memperhatikan aspek keseimbangan interaksi antara tanaman, organisme lain, dan lingkungan biofisik guna mempertahankan keberlanjutan pertanian, peningkatan produktivitas dan keamanan pangan. à

Pertanian ramah lingkungan diperlukanè interaksi 3 (tiga) aspek utama (produksi, sosial-ekonomi, lingkungan) melalui pengelolaan komponen edhapik (tanah), hidrologi (air), atmosfer (udara), dan biologi (tanaman-manusia, ternak). - hvy-

PENGUNJUNG

46992

HARI INI

55732

KEMARIN

40805457

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook