Materi Lokalita
SULAWESI SELATAN > KABUPATEN SINJAI >

Pengeringan Padi Dengan Cara Penjemuran

Kamis, 30 Sep 2021
Sumber Gambar : Koleksi Pribadi

Melakukan pengeringan merupakan proses penurunan kadar air gabah sampai mencapai nilai tertentu sehingga siap untuk diolah/digiling atau aman untuk disimpan dalam waktu yang lama.  Kehilangan hasil akibat ketidaktepatan dalam melakukan proses pengeringan dapat mencapai 2,13 %.  Pada saat ini cara pengeringan padi telah berkembang dari cara penjemuran menjadi pengering buatan             

Penjemuran merupakan proses pengeringan gabah basah dengan memanfaatkan panas sinar matahari. Untuk mencegah bercampurnya kotoran, kehilangan butiran gabah, memudahkan pe-ngumpulan gabah dan meng-hasilkan penyebaran panas yang merata, maka penjemuran harus dilakukan dengan menggunakan alas.  Penggunaan alas untuk penjemuran telah berkembang dari anyaman bambu kemudian menjadi lembaran plastik/terpal dan terakhir lantai dari semen/beton.

Cara penjemuran dengan lantai jemur

Dari berbagai alas penjemuran tersebut, lantai dari semen merupakan alas penjemuran terbaik.  Permukaan lantai dapat dibuat rata atau bergelombang.  Lantai jemur rata pembuatannya lebih mudah dan murah, namun tidak dapat mengalirkan air hujan secara cepat  bahkan adakalanya menyebabkan genangan air yang dapat merusakkan gabah.  Lantai jemur bergelombang lebih di-anjurkan, karena dapat meng-alirkan sisa air hujan dengan cepat. 

 Adapun  cara penjemuran dengan lantai jemur sebagai berikut :

  • Jemur gabah di atas lantai jemur dengan ketebalan 5 cm – 7 cm untuk musim kemarau dan 1 cm – 5 cm untuk musim penghujan.
  • Lakukan pembalikan setiap 1 – 2 jam atau 4 – 6 kali dalam sehari dengan menggunakan garuk dari kayu.
  • Waktu penjemuran : pagi jam 08.00 – jam 11.00, siang jam 14.00 – 17.00 dan tempering time jam 11.00 – jam 14.00.
  • Lakukan pengumpulan dengan garuk, sekop dan sapu.
  • Cara penjemuran dengan alas terpal/plastic

Demikian semoga bermanfaat.

Oleh :

Imran Syam, SP., M.Si

Penyuluh Pertanian Madya, Kab. Sinjai Prov. Sul-Sel

PENGUNJUNG

52116

HARI INI

55732

KEMARIN

40810581

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook