Diseminasi Teknologi

Tipe - Tipe Jenis Kelapa

Kamis, 30 Sep 2021
Sumber Gambar : Balitbangtan

Kelapa adalah salah satu komoditas tanaman perkebunan yang mempunyai peranan sangat penting dalam perekonomian nasional dengan hasil utamanya adalah kopra, dan seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan sehingga tanaman kelapa dikenal sebagai pohon kehidupan. Kelapa (Cocos nucifera) merupakan anggota tunggal dalam marga cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae.  Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudra Hindia di sisi Asia dan hingga kini telah menyebar diseluruh dunia pantai tropika.  Hampir semua bagiantanaman kelapa ini dapat dimanfaatkan oleh manusia, sehingga dianggap tumbuhan serbaguna. Kelapa (Cocos nucifera) merupakan jenis tanaman palma yang memiliki prospek yang cukup tinggi dalam dunia industri, baik industri pangan maupun non pangan. Tanaman perkebunan ini memiliki seribu manfaat dari seluruh bagiannya.            

Dilihat dari tipe kelapa, ada tiga tipe kelapa yang kita kenal, dimana masing-masing tipe memiliki karakteristik yang berbeda. Ketiga tipe kelapa tersebut yaitu kelapa dalam, kelapa genjah, dan kelapa hibrida.

  1. Kelapa Dalam.

Kelapa dalam memiliki batang yang tinggi dengan diameter besar dan jarak bekas daun panjang. Kelapa dalam menyerbuk secara silang dimana pembungaan pertamanya lebih lambat dengan ukuran bole besar. Ukuran buahnya sedang hingga besar dengan kualitas kopra yang baik.  Kelapa tipe ini dapat produktif hingga lebih dari 60 tahun.

  1. Kelapa Genjah.

Kelapa genjah memiliki batang yang pendek dengan diameter kecil, dan jarak bekas daun pendek. Kelapa genjah pola pembungaanya menyerbuk sendiri dimana pembungaan pertamanya lebih awal. Ukuran buahnya kecil dengan kualitas kopra kurang baik, kelapa tipe ini berumur produktif 25 tahun.    

  1. Kelapa Hibrida.

Kelapa hibrida memiliki batang yang pendek dengan diameter sedang dan jarak bekas daun agak panjang. Kelapa hibrida pola pembungaanya menyerbuk silang dimana pembungaan pertamanya lebih awal dengan ukuran bole sedang. Ukuran buahnya sedang dengan kualitas kopra baik, kelapa tipe ini berumur produktif 40 tahun.   

 

Disusun oleh : Edwin Herdiansyah SP dan Andi Maryanto, S.ST

Sumber : -Balitbangtan

                -http://benihperkebunan.com/index.php/benih-unggul/407-ini-dia-tipe-kelapa

                 Dan dari berbagai media   

PENGUNJUNG

47056

HARI INI

55732

KEMARIN

40805521

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook