Materi Lokalita
SUMATERA BARAT > KABUPATEN PADANG PARIAMAN > 2 X 11 ENAM LINGKUNG

Mikroba Rumpun Bambu

Rabu, 15 Sep 2021
Sumber Gambar : Dokumen Pribadi

Mikroorganisme adalah jamur, bakteri, binatang kecil, dan makhluk hidup lainnya yang berfungsi menyuburkan tanah. Mikroorganisme merupakan unsur utama dalam kesuburan tanah. Contohnya mikroorganisme yang hidup di bawah tumpukan dedaunan rumpun bambu berupa onggokan koloni mikororganisme berwarna putih. Pertanian alami memanfaatkan mikoorganisme di lingkungan setempat seperti itu.

 

Mikroorganisme memiliki dua fungsi penting dalam pertanian:

  • Mikroorganisme menguraikan senyawa organik kompleks seperti bangkai tanaman dan hewan dan sampah menjadi nutrisi sehingga bisa diserap oleh tanaman.
  • Mikroorganisme bisa menghasilkan zat-zat berguna seperti antibiotika, enzim, dan asam laktat yang menekan pertumbuhan penyakit dan mendukung kondisi tanah yang sehat.

 

Bahan dan Alat

  1. Kotak tempat nasi
  2. Beras
  3. Bambu
  4. Tali Plastik

 

Cara Membuatnya

Masak beras menjadi setengah matang, kemudian bambu di belah dua. setelah beras setengah matang, Nasi setengah matang di dinginkan. setelah dingin nasi dimasukkan ke dalam bambu, kemudian tutup bambu rapat-rapat dan ikat dengan tali plastik. setelah diikat, letakkan bambu tersebut di rumpun bambu, letakkan di tempat yang lebih tinggi agarpas hujan tidak tergenang air. diamkan selama satu minggu. setelah satu minggu rumpun bambu sudah bisa di gunakan.

 

Penulis : AFRIANTI, SP . Penyuluh Pertanian Nagari Sicincin.

Sumber : Dari Berbagai Sumber

PENGUNJUNG

18042

HARI INI

89943

KEMARIN

35566508

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook