Gerbang Daerah
> >

PENYUSUNAN PROGRAMA PENYULUHAN PERTANIAN TINGKAT KECAMATAN UNDAAN TAHUN 2022

Selasa, 14 Sep 2021
Sumber Gambar : Dok. BPP Undaan

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006 mengamanatkan bahwa programa penyuluhan pertanian terdiri atas programa penyuluhan desa/kelurahan atau unit kerja lapangan, programa penyuluhan kecamatan, programa penyuluhan kabupaten/kota, programa penyuluhan provinsi dan programa penyuluhan nasional. Programa penyuluhan pertanian kecamatan dan desa/kelurahan merupakan rencana tertulis yang disusun secara sistematis untuk memberikan arah dan pengendali dalam pencapaian penyelenggaraan penyuluhan pertanian serta sebagai perpaduan antara rencana kerja pemerintah dengan aspirasi pelaku utama dan pelaku usaha, serta pemangku kepentingan lainnya.

Substansi programa penyuluhan pertanian meliputi rencana kegiatan dalam rangka perubahan perilaku yang berkaitan dengan tingkat penerapan inovasi teknologi yang direkomendasikan, serta rencana kegiatan pendukung yang mempengaruhi keberhasilan usaha tani, yang dilaksanakan pada setiap tingkatan dan disusun setiap tahun dengan memuat rencana penyuluhan tahun berikutnya. Programa penyuluhan pertanian ini pada dasarnya disusun secara mandiri, namun saling memperhatikan keterpaduan dan kesinergian programa penyuluhan pada setiap tingkatan, sehingga semua programa penyuluhan pertanian dalam berbagai tingkatan bersifat selaras dan saling memperkuat.

Tersusunnya programa penyuluhan pertanian merupakan salah satu indikator pelaksanaan kinerja Penyuluh Pertanian. Penyusunan programa penyuluhan pertanian tahun 2022 tingkat kecamatan yang dilaksanakan oleh Penyuluh Pertanian di BPP Undaan ditargetkan selesai pada bulan September 2021.

Pada hari Kamis tanggal 2 September 2021 bertempat di Kecamatan Undaan dilaksanakan pembahasan dan persetujuan penyusunan programa penyuluhan pertanian tingkat Kecamatan Undaan yang dipandu oleh Koordinator BPP Kecamatan Undaan, Mohammad Hasan Abdillah. Kegiatan ini dihadiri oleh 32 orang perwakilan Gapoktan dari 16 Desa di Wilayah Kecamatan Undaan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Penyusunan programa penyuluhan pertanian tingkat kecamatan merupakan tindak lanjut dari hasil inventarisasi keadaan, permasalahan dan kebutuhan pada berbagai aspek kegiatan pertanian, meliputi aspek budidaya, pengolahan, pemasaran hingga kelembagaan petani yang disusun dalam programa penyuluhan pertanian tingkat desa/kelurahan yang telah dilaksanakan oleh Penyuluh Pertanian di wilayah binaan masing-masing. Kumpulan dari setiap programa penyuluhan pertanian tingkat desa/kelurahan yang kemudian disusun berdasarkan analisis skala prioritas permasalahan, kebutuhan, potensi dan peluang di setiap desa/kelurahan.

Analisis skala prioritas ini kemudian dibahas bersama dengan perwakilan dari Gapoktan setiap desa/kelurahan pada acara penyusunan programa penyuluhan pertanian tingkat kecamatan untuk mendapatkan kondisi sebenarnya di lapangan. Dari hasil pembahasan tersebut yang telah disetujui dan disepakati bersama kemudian dirangkum untuk diwujudkan dalam satu dokumen Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kecamatan Undaan. Dengan demikian, penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kecamatan Undaan diharapkan dapat menggambarkan kondisi aktual di lapangan dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

 

 

Penulis :

ALFIAN EKO ARDIYANTO, SP

NIP. 19860618 201001 10 14

Penyuluh Pertanian Ahli Muda

 

PENGUNJUNG

24981

HARI INI

89943

KEMARIN

35573447

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook