Diseminasi Teknologi

TEKNIK PEMELIHARAAN TANAMAN LADA (Piper nigrum)

Jum'at, 10 Sep 2021
Sumber Gambar : koleksi pribadi

TEKNIK PEMELIHARAAN TANAMAN LADA (Piper nigrum)

Provinsi Lampung masih berpotensi dalam pengembangan lada diberbagai lokasi. Pemerintah Provinsi Lampung melakukan upaya dalam meningkatkan produksi dengan budaya sesuai penerapan teknologi spesifik lokasi. Budidaya tanaman lada perlu dilakukan pemeliharaan yang maksimal agar menghasilkan produksi maksimal. Budidaya tanaman lada dapat dilakukan dengan pemangkasan sulur, pemupukan dan penyiangan gulma.

Pemeliharaan

Pemangkasan dan pengikatan sulur panjat  Apabila pada tanaman lada telah tumbuh 8-10 buku (umur 5-6 bulan), dilakukan pemangkasan pada ketinggian 2530 cm dari permukaan tanah. Pemangkasan dilakukan di atas 2-3 buku. Tujuan pemangkasan untuk merangsang pembentukan 3 sulur panjat baru.

Sulur baru tersebut harus dilekatkan dan diikatkan pada tajar lada. Pengikatan dilakukan menggunakan tali rafia yang dibelah 2-4 agar tali rafia tidak menggangu pertumbuhan lada. Pemangkasan berikutnya dilakukan apabila telah keluar tunas baru dan telah mencapai 7-9 buku pada umur sekitar 12 bulan, yaitu pada buku yang tidak mengeluarkan cabang buah.

Pemangkasan sulur gantung

Sulur gantung adalah sulur panjat yang tumbuhnya tidak melekat pada tajar, karena tidak dilakukan pengikatan pada tajar. Sulur gantung yang terus tumbuh tidak diikuti dengan tumbuhnya akar lekat. Untuk itu sulur gantung sebaiknya secara teratur dipangkas agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman dan produksi lada. 

Menanam lada menggunakan sulur gantung akan menghasilkan tanaman lada sampai umur 1-2 tahun tidak keluar cabang buah dan tanaman lada tidak melekat pada tajar tanaman baru mulai berbuah setelah umur 3-5 tahun.

Pemangkasan sulur cacing

Sulur cacing adalah sulur panjat yang keluar dari pangkal batang tanaman lada dan tumbuhnya tidak melekat pada tajar, tetapi menjalar di permukaan tanah. Sulur cacing tidak mempunyai cabang buah dan mengganggu pertumbuhan tanaman. Sulur cacing mempunyai sifat hampir sama dengan sulur gantung, tidak baik untuk bahan tanaman karena akan menghasilkan tanaman lada sampai umur 1-2 tahun tidak tumbuh cabang buah

 

Pemupukan Pemupukan dan pemangkasan tajar

Tanaman lada memerlukan pupuk organik dan anorganik.  Pemupukan anorganik sebanyak 1.600 gr NPKMg (12-12-172)/tanaman/tahun untuk tanaman produktif. Pemberian pupuk inorganik dibagi 3-4 kali per tahun. Tajar dipangkas 7-10 hari sebelum dilakukan pemupukan, agar tidak terjadi kompetisi hara dan memaksimalkan masuknya sinar matahari. Pupuk organik (pupuk kandang atau kompos) 5-10 kg/tanaman/tahun.

 Pemberian pupuk dilakukan dengan mengikis/mengangkat permukaan tanah di sekitar tanaman, pupuk disebarkan kemudian ditutup kembali dengan tanah. Tanaman lada berumur >12 bulan, dosis pupuk anorganik 1/8 total (200 g ) NPK Mg. Pemberian pupuk diberikan 2 kali/tahun

 Tanaman berumur 13-24 bulan diberikan 1/4 dosis total (400 gr /tanaman/tahun) dengan interval 2 kali dan agihan pupuk 3 : 7 ( 12 dan 280 gr) selama ada hujan, ditambah 5-10 kg pupuk kandang pada waktu pemberian pertama.

 

 Penyiangan terbatas

Penyiangan terbatas dilakukan secara rutin yaitu membersihkan sekitar tanaman lada. Areal dalam radius lebih kurang 60 cm di bawah kanopi tanaman lada atau di sekitar pangkal batang lada harus bersih gulma/disiang bersih (bebokor).

Sumber bacaan:

Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat. 1982. Petunjuk Pelaksanaan Sertifikasi Bibit Lada. Balitro. Bogor. 40 halaman.

Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat. 1996. Monograf  Tanaman Lada. Balitro. Bogor. 234 halaman.

Suprapto dan Kasim. 2006. Kajian Pengelolaan Tanaman Lada Terpadu. Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian. BBPPTP. Volume 9 (3). 286-298. 

Irawan B, Slameto., A. Soim. 2008. Teknologi Budidaya Lada. Balai Besar Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian. Jakarta.

 Penulis Materi Penyuluhan: Robinson Putra, SP., M.Si (Penyuluh Pertanian BPTP Lampung)

 

 

 

PENGUNJUNG

17804

HARI INI

89943

KEMARIN

35566270

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook