Materi Lokalita
RIAU > KABUPATEN BENGKALIS > BUKIT BATU

PEMUPUKAN BERIMBANG PADA TANAMAN

Jum'at, 10 Sep 2021
Sumber Gambar : Arsip BPP Bukit Batu

Pemupukan berimbang adalah pemberian sejumlah pupuk yang sesuai dengan kebutuhan tanaman dan kesuburan tanah agar terjadi keseimbangan hara di dalam tanah sehingga tercapai kondisi kondusif untuk pertumbuhan tanaman.

Unit Pelaksana Teknis-Balai Penyuluhan Pertanian (UPT-BPP) Kecamatan Bukit Batu mengadakan pertemuan rutin penyuluh. Rapat berkala penyuluh pertanian tersebut diadakan dalam ruangan BPP yang terletak di Perkantoran Terpadu Desa Sungai Selari. Pertemuan bulanan penyuluh dihadiri langsung oleh Kepala UPT BPP Kecamatan Bukit Batu. Juga berpartisipasi aktif seluruh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Bukit Batu.

Adapun hal yang disampaikan dalam pertemuan tersebut yaitu Salah satu tantangan yang dihadapi dalam upaya peningkatan produksi padi nasional adalah efisiensi penggunaan pupuk dan kelestarian lingkungan. Anjuran dosis pemupukan padi sawah nasional mestinya disesuaikan dengan beragamnya kondisi kesuburan tanah suatu wilayah.

Di dalam konsep pemupukan berimbang, pemberian sejumlah pupuk untuk mencapai ketersediaan hara-hara esensial yang seimbang dan optimum ke dalam tanah. Tujuannya adalah untuk Meningkatkan produktivitas dan mutu hasil pertanian, Meningkatkan efisiensi pemupukan, Meningkatkan kesuburan dan kelestarian tanah, serta Menghindari pencemaran lingkungan dan keracunan tanaman. Diharapkan dengan pemupukan sesuai status hara tanah, maka kebutuhan tanaman dan target hasil bisa tercapai.  Adapun penentuan dosis pupuk yang sesuai status hara tanah dan kebutuhan tanaman ditetapkan dengan uji tanah. Pengelolaan bahan organik dan pupuk hayati dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pupuk anorganik.

Adapun prinsip pemupukan berimbang adalah: Tepat dosis, yaitu bahwa pemupukan harus sesuai dengan status hara tanah, kebutuhan tanaman yang ditetapkan dengan uji tanah, dan target hasil. Tepat waktu, yaitu bahwa hara tersedia saat tanaman memerlukan dalam jumlah banyak. Tepat cara, yaitu bahwa penempatan pupuk di lokasi dimana tanaman secara efektif mengakses hara. Tepat jenis/bentuk, yaitu bahwa formula pupuk sesuai dengan kondisi tanah dan kebutuhan tanaman.

PENGUNJUNG

46355

HARI INI

68073

KEMARIN

37481460

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook