Gerbang Daerah
> >

Gerdal Hama Wereng Upaya Petani Semen Jaga Stok Pangan

Kamis, 09 Sep 2021
Sumber Gambar : DOKUMEN PRIBADI

Kediri (28/6) - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menegaskan kepada seluruh insan pertanian bahwa di tengah pandemi Covid-19, petani dan penyuluh harus tetap bersinergi menyediakan kebutuhan pangan sehingga tidak terjadi krisis pangan.

Desa Semen di Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur mempunyai lahan pertanian irigasi dengan pola tanam padi-jagung-jagung. Baru-baru ini petani desa tersebut diresahkan dengan serangan hama wereng yang menyerang tanaman padi milik mereka sehingga membuat pertumbuhan tanaman padi menjadi lambat dan tidak  baik.

Suroto, salah satu anggota kelompok tani (Poktan) Jaya Makmur Semen mengeluhkan kepada penyuluh pertanian tentang adanya serangan hama wereng yang menyerang tanaman padi miliknya serta anggota kelompok lainnya.

Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri cepat tanggap dengan adanya serangan hama wereng ini. Sehingga mengadakan gerdal hama wereng pada lokasi terdampaknya serangan wereng. Dalam hal ini dihadiri petugas POPT, PPL dan Kelompok tani.

Banyak manfaat yang diambil dari kegiatan gerdal massal hama wereng ini, selain petani merasa diperhatikan tanamannya, petani juga bisa melakukan pengamatan berkala atau berkelanjutan dan dilakukan penyemprotan bersama-sama agar hama wereng tersebut  bisa dikendalikan. (EKKI WAHYU HANGGORO, A.Md)

PENGUNJUNG

48283

HARI INI

68073

KEMARIN

37483388

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook