Gerbang Daerah
> >

Antusiasme Peserta Pelatihan Ubinan Tanaman Pangan Untuk Petugas Ppl Dan Petani Di Kecamatan Semen

Kamis, 09 Sep 2021
Sumber Gambar : Dokumen Harum

           Pada hari Senin tanggal 6 September 2021 Bidang Pangan Dinas Pertanian dan perkebunan Kabupaten Kediri mengadakan pelatihan ubinan untuk tanaman pangan untuk petugas PPL dan petani. Pelatihan ini dihadiri petugas PPL dari Kecamatan Tarokan, Grogol, Banyakan dan Kecamatan Mojo serta petani dari wilayah Kecamatan Semen. Pelatihan dilaksanakan di BPP Kecamatan Semen.

            Yang memberikan materi dalam pelatihan ini adalah petugas dari BPS. Diharapkan dengan pelatihan ini PPL dan petani bisa melakukan ubinan di wilayahnya, sehingga apabila dimintai data LTP dan hasil produktivitasnya PPL dan Petani bisa memberikan data yang akurat.

            Peserta kegiatan pelatihan ini sangat antusias dalam mengikuti pelatihan. Mereka belajar bagaimana menentukan lahan yang akan diubin, menentukan bagian lahan mana yang akan di ubin. Selama ini yang mereka ketahui untuk menentukan lahan hanya dengan melempar topi atau menentukan secara acak. Ternyata dari pelatihan ini mereka tahu ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Mereka juga di bekali aplikasi untuk melakukan survey ubinan. Ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi dalam melaksanakan ubinan agar hasil dari ubinan bisa terdokumentasi dengan baik.

            Selain mendapatkan pelatihan secara klasikal, peserta pelatihan juga melakukan praktek mengubin secara langsung di lahan. Peserta belajar bagaimana merangkai alat ubinan yang benar. Setelah bisa merangkai alatnya mereka praktek mengubin dilahan. Mereka harus menentukan titik mana yang akan diubin dengan hitungan langkah dan menggunakan aplikasi. Setelah menemukan titik yang tepat mereka mulai meata alat ubinannya. Setelah itu mereka menghitung jumlah rumpun yang ada di dalam alat ubinan, setelah diketahui jumlah rumpunnya , padi yang ada didalam alat ubinan dipanen dan di geblok kemudian ditimbang hasilnya. Hasil yang didapatkan dikalikan 1,6 untuk mendapatkan hasil produktivitas lahan tersebut.

            Dengan praktek dan melaksanakan sendiri proses pengubinan peserta pelatihan menjadi lebih paham dan mampu apabila akan melakukan ubinan sendiri. Dari pelatihan ini hampir semua peserta sangat antusias dalam mengikutinya. Ini terlihat dari mereka semua terlibat dalam proses praktek dan pembelajaran. Harapan dinas setelah dilakukan pelatihan ini data yang akan dikumpulkan tiap-tiap kecamatan menjadi lebih akurat.

            Pelatihan ini tidak hanya dilakukan di kecamatan Semen , tetapi juga dilakukan di Kecamatan Ngadiluwih dan Pare Kab Kediri. Dengan pemerataan pelatihan ini diharapkan data produktivitas tanaman pangan di Kabupaten Kediri bisa lebih baik dan akurat. (Harum Pratiwi Parinta Suci, STP)

PENGUNJUNG

44357

HARI INI

68073

KEMARIN

37479462

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook