Materi Lokalita
MALUKU > KABUPATEN MALUKU TENGAH > SALAHUTU

Fanpage Bpp Salahutu Sebagai Wadah Informasi Teknologi Pertanian

Rabu, 08 Sep 2021
Sumber Gambar :

   Fanpage BPP Salahutu adalah halaman khusus yang di buat oleh admin  layaknya blog yang menyediakan informasi dan kegiatan para penyuluh pertanian  di wkbpp Salahutu. Tujuannya untuk   mendesiminasi informasi teknologi pertanian  kepada petani dan masyarakat umum pengguna media social. Fanpage Bpp salahutu  yang dibuat sejak tahun 2018 dimaksudkan untuk mengupload setiap kegiatan pendampingan penyuluh pertanian terhadap petani binaannya, yang meski dalam   runtutan waktunya  tidak semua kegiatan teruploud dan tidak rutin namun demikian  di halaman Bpp salahutu telah tersaji beberapa kegiatan seperti  cara pembuatan pestisida nabati dari buah hutung sosialisasi dan pendampingan pertanian organic, buah kalabasa  sebagai starter pembuatan pupuk organic cair, serta keterlibatan penyuluh pertanian dalam membangun kemitraan  dengan pihak terkait dalam rangka menghubungkan petani dengan pasar.

     Di era baru pertanian seperti sekarang ini, penyuluhan konvensional harus bisa bertransformasi ke  model digitalisasi, tentunya dengan melihat kondisi riil petani di wilayah binaan.  Pemilihan media penyuluhan juga harus upgrade dengan perkembangan teknologi, Akses informasi pada media sosial  semakin banyak dan bervariasi salah satunya adalah halaman fanpage, yangb bisa  diakses oleh segala lapisan masyarakat, terbuka luas untuk mendapatkan berbagai informasi.

Teknologi digital yang terus berkembang, memberikan peluang seluas-luasnya bagi penyuluh untuk dapat memanfaatkan baik mendapatkan informasi maupun menyebarluaskan informasi secara cepat dalam ruang tanpa batas. Pembuatan media penyuluhan yang efektif dan efisien telah dilengkapi dengan berbagai aplikasi  yang mudah di unduh baik melalui smartphone android maupun di laptop. Trend penyuluhan saat ini juga mulai berkembang  mengikuti arus perkembangan digital seperti podcast, yang bisa di dengar melalui aplikasi spotify atau anchor. Fasilitas fasilitas seperti  ini dapat harus bisa  dimanfaatkan oleh  penyuluh dalam menjalankan peran dan fungsinya.

PENULIS : BOKIWANY LATUCONSINA,SP

THL TB PENYULUH PERTANIAN

PENGUNJUNG

39263

HARI INI

68073

KEMARIN

37474368

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook