Gerbang Daerah
> >

Semangat Kelompok Tani Dan Kwt Kecamatan Semen Sambut Program P2l

Selasa, 07 Sep 2021
Sumber Gambar : Dokumen Harum

            Pada awal tahun 2021 ada 6 kelompok tani dan kelompok wanita tani kecamatan Semen yang mendapatkan tawaran CPCL program P2L dari dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kab Kediri. Bulan Agustus diumumkan hanya tiga kelompok yang mendapatkan program tersebut. Tiga kelompok ini adalah Kelompok Tani Tani Mulyo Dua Desa Sidomulyo, KWT Sido Makmur Mulyo Desa Joho dan KWT Wilis Putri Desa Kanyoran.

            Tiga kelompok yang mendapatkan program ini sangat antusias menyambut program P2L di kelompoknya. Akan tetapi mereka masih belum punya bayangan harus bagaimana dalam melaksanakan program P2L ini. Akhirnya mereka mencari informasi bersama PPL pendampingnya daerah yang telah mendapatkan program ini dan telah berhasil melaksanakan program ini dengan baik. Mereka berencana melakukan studi banding dan belajar dari daerah tersebut.

Pekarangan Pangan Lestari (P2L) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok masyarakat yang secara bersama-sama mengusahakan lahan pekarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan, serta pendapatan. Tujuan Kegiatan P2L yaitu : 

1.    Meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan pangan untuk rumah tangga sesuai dengan kebutuhan pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman. 

2.    Meningkatkan pendapatan rumah tangga melalui penyediaan pangan yang berorientasi pasar.

            Kelompok Wanita Tani Sekarsari Desa Gedangsewu Kec Pare Kab Kediri merupakan salah satu penerima program P2L tahun 2020. Kelompok ini sukses membuat demplot percontohan dan KBD (Kebun Bibit Desa) sehingga tetap bisa melestarikan program P2L. Dari informasi ini kelompok tani dan KWT Kecamatan Semen berniat melaksanakan studi banding di wilayah tersebut. Selain di KWT Sekarsari Desa Gedangsewu, RPH Capurejo Kota kediri juga menjadi salah satu tujuan tempat studi banding yang dipilih. RPH Campurrejo mempunyai lahan demplot berupa tanaman sayur dengan memanfaatkan hasil limbah dari RPH.

Berbekal informasi yang ada akhirnya pada hari minggu tanggal 5 September 2021 Poktan Tani Mulyo Dua Desa Sidomulyo beserta 4 anggotanya , KWT Sido Makmur Mulyo Desa dan 1 onggotanya serta KWT Wilis Putri Desa Kanyoran beserta 1 anggotanya didampingi oleh 2 orang PPL Kecamatan Semen (Omega J.N, SP dan Harum P.P.P, STP) melaksanakan studi banding ke KWT Sekarsari Desa Gedangsewu dan RHP Campurejo Kota Kediri.

            Tujuan pertama adalah KWT Sekarsari Kec pare. Disana Poktan dan KWT langsung disambut di kebun demplot KWT oleh bapak kepala desa beserta ibu, PPL setempat dan anggota KWT. Kegiatan dimulai dengan perkenalan dan penjelasan tentang awal mula kegiatan sampai berjalan, dilanjutkan dengan keliling lahan. Anggota poktan dan KWT dari Kec Semen bisa belajar banyak dari KWT Sekarsari, mulai dari bagaimana mengompakkan anggota agar mau bahu membahu melaksanakan program, bagaimana cara penyerapan anggaran program, bagaimana menyiapkan kebun demplot, bagaimana menyiapkan tanaman dianggota, media apa yang digunakan dan masih banyak lagi. Dari kegiatan ini Poktan dan KWT Kec Semen menjadi mendapatkan bayangan bagaimana harus melaksanakan program P2L ini.

            Tujuan kedua dari kegiatan studi banding adalah RPH Campurejo Kota Kediri. Disana kami disambut drh. Hariyanto selaku Kepala UPT RPH Campurejo Kota Kediri. Kegiatan dimulai dengan penjelasan dari drh. Hariyanto tentang kebun demplot sayur yang ada RPH, pengelolaan limbah dari RPH dan pemanfaatan limbah RPH. Kegiatan dilanjutkan dengan melihat pengolahan limbah, kebun demplot RPH dan melakukan panen di kebun demplot. Dari RPH ini Poktan dan KWT Kec Semen bisa belajar bagaimana memanfaatkan limbah rumen untuk dijadikan MOL dan dijadikan bokasi. Di RPH ini kebun demplot menggunakan rumen 100% untuk dijadikan media tanam. Dan dari hasil kebun bisa dilihat tanaman sangat subur tanpa penambahan bahan kimia. Dari sini anggota KWT dan Poktan bisa belajar bertanam organik. Yang paling menarik, anggota Poktan dan KWT bisa memanen sayuran di kebun demplot dan membawa pulang hasil panennya.

            Dengan terlaksananya kegiatan studi banding ini poktan Tani Mulyo Dua Desa Sidomulyo, KWT Sido Makmur Mulyo Desa Joho dan KWT Wilis Putri Desa Kanyoran semakin bersemangat melaksanakan program P2L di wilayahnya. Mereka semakin siap menyambut program ini. Mereka sudah bisa membayangkan apa saja yang harus dilakukan apabila program ini turun.

            Pesan pendamping (PPL) untuk Poktan dan KWT penerima program adalah, mereka harus bersemangat menjalankan program, harus mengompakkan anggotanya untuk berkomitmen membuat program ini bisa sukses. Dengan melihat contoh yang sudah ada diharapkan Poktan dan KWT bisa menjalankan program P2L dengan lebih baik. (Harum Pratiwi Parinta Suci, STP)

PENGUNJUNG

3474

HARI INI

64232

KEMARIN

37671350

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook