Gerbang Daerah
> >

Verifikasi dan Validasi Database Simluhtan dalam Rangka Pengawalan dan Pendampingan Program Utama Kementerian Pertanian

Senin, 06 Sep 2021
Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi

 

     Verifikasi dan Validasi (Verval) Database Sistem Informasi Manajemen Penyuluhan Pertanian (SIMLUHTAN) diselenggarakan di Hotel Claro dan Hotel Gammara Makassar pada tanggal 2 s.d. 4 September 2021, menghadirkan 342 orang peserta yang terdiri dari Kepala Bidang/Seksi/UPT yang menangani penyuluhan pertanian, admin provinsi, admin kabupaten/kota dan kecamatan dari 24 kab/kota se Sulawesi Selatan.

    Pelaksanaan pertemuan ini tetap menerapkan protokol kesehatan, lokasi pertemuan dibagi dua, yaitu 172 orang ditempatkan di Hotel Claro dan 170 orang di Hotel Gammara.

    Koordinator Substansi Kelembagaan dan Ketenagaan, Ir. I Wayan Ediana, M.Si. menyampaikan dalam laporannya bahwa tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas database kelembagaan penyuluhan, ketenagaan, kelembagaan petani dan kelembagaan ekonomi petani. Dalam rangka pengawalan dan pendampingan program utama kementerian pertanian, kegiatan ini juga diharapkan mendukung Satu Data Pertanian Indonesia sesuai amanat Perpres No 39 Tahun 2019.

     Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. Muhammad Firda, M.Si, .dalam sambutannya menyampaikan penghargaan kepada Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian beserta segenap jajarannya atas kepercayaan dan diselenggarakannya pertemuan Verval Data Simluhtan di Sulawesi Selatan. Hal ini menunjukkan dukungan dan perhatian Kementerian Pertanian untuk meningkatkan kapasitas para petugas admin simluhtan.  Penguatan dan keberlanjutan terbangunnya data simluhtan ini diperlukan kesiapan sumberdaya manusia untuk mengelola aplikasi serta dibutuhkan dukungan dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten/kota.

     Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Penyuluhan, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian, Ir. Bustanul Arifin Caya, M.D.M. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa penyuluh pertanian sebagai garda terdepan dalam penyediaan pangan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas guna memenuhi kebutuhan pangan nasional.. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa ada tiga fungsi data yang ada dalam simluhtan yakni sebagai bahan perencanaan, verifikasi data dasar untuk program kegiatan, dan sebagai bahan pengambilan keputusan. Pada masa pandemi Covid 19, pemanfaatan teknologi informasi sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan secara virtual seperti Pelatihan satu juta Petani dan Penyuluh yang sukses dilaksanakan dan tidak menutup kemungkinan dengan pemanfaatan teknologi informasi dapat men-tracing keberadaan penyuluh di suatu waktu dan tempat.

    Materi pertemuan  Verval mencakup updating data ketenagaan, kelembagaan penyuluh dan petani, Integrasi e-RDKK dengan Simluhtan serta pengembangannya. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, benar-benar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas data Simluhtan dalam rangka mengawal kegiatan utama di Kementerian Pertanian, Provinsi dan Kabupaten/Kota.

 

Dwi Arnir Wanayenti, SP (Penyuluh DinasTPHBUN Prov. Sulsel) & Tenriola, SP, MP (Kasi Pelatihan dan Ketenagaan Pertanian) 

PENGUNJUNG

2216

HARI INI

64232

KEMARIN

37670092

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook