Gerbang Daerah
> >

Kepala Desa, PPL, serta Poktan Desa Api-api Optimis Produksi Padi Tahun ini Meningkat

Senin, 06 Sep 2021
Sumber Gambar : PPL Desa Api-api

Gapoktan “Selera Tani” yang berada didesa Api–api Kecamatan Bandar Laksamana Kabupaten Bengkalis saat ini memiliki luas lahan tanaman padi ladang ±68 Ha. Kondisi ini menunjukkan peluang usaha pangan  terutama padi ladang sangat terbuka lebar. Demi untuk memenuhi kebutuhan pangan daerah Kecamatan Bandar Laksamana khususnya desa Api-api.

Program pemerintah era Presiden Jokowi lebih dititik beratkan pada sektor-sektor yang menyentuh masyarakat langsung, salah satunya sektor pertanian. Dalam rangka mendukung dan melanjutkan program Pemerintah untuk mencapai Pertanian Maju, Mandiri dan Modern, yakni melalui Gerakan Nasional Peningkatan Produksi dan Produktivitas, Pengembangan dan Penerapan Mekanisasi serta Akselerasi Pemanfaatan Inovasi Teknologi semua itu terintegrasi melalui kegiatan pertanian. Teriknya sengatan sinar matahari namun semangat petani untuk mengembangkan tanaman padi yang berada di desa Api-api masih rutin dilakukan, namun  sebagian petani masih menggunakan sistem tradisional dalam melakukan kegiatan tanam padi tersebut.

Desa Api-api merupakan salah satu desa sentra produksi tanaman padi ladang yang sangat berpotensi untuk lokasi tanaman padi ladang karena masih memiliki lahan yang kosong. Ladang merupakan salah satu faktor dalam peningkatan perekonomian  masyarakat dan sumber pangan dalam kehidupan di dunia apalagi di Indonesia yang  masih memasok beras dari luar. Padi ladang merupakan salah satu potensi kebutuhan hidup dan untuk panen padi yang sangat besar, khususnya di wilayah pesisir dan terpencil. Dengan perkembangan teknologi saat ini, dan jumlah penduduk yang semakin meningkat, pemerintah juga mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mensejahterakan rakyat untuk kebutuhan pangan.

Untuk menunjang hasil panen padi yang optimal, dibutuhkan penggunaan teknologi yang ada dan tepat guna dalam pengembangan dan pengolahan lahan pertanian di desa Api-api Kecamatan Bandar Laksamana. “Desa kita memiliki sumber daya alamnya cukup menjanjikan untuk sektor pertanian terutama budidaya tanaman padi, hal tersebut mendorong para warga yang tergabung dalam kelompok tani sangat serius dalam memanfaatkan lahan yang ada” tegas Edi Farizal selaku Kepala desa Api-api. Indra Gunawan, selaku PPL desa tersebut berharap hasil panen periode ini bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. “Kita berharap kegiatan untuk tahun ini bisa mendapatkan hasil yang sangat maksimal, karena kami yakin dengan kondisi dan alsintan yang tersedia bisa menunjang musim tanam periode ini. Desa Api-api akan mampu menjadi salah satu daerah sentral produksi dan lumbung pangan daerah apabila produktivitas padi meningkat dan bagus, serta diikuti dengan sistem pola tanam yang teratur, waktu tanam yang serentak, juga jarak tanam yang tepat akan memberikan hasil baik serta meningkatkan hasil pendapatan petani” ungkapnya. 

PENGUNJUNG

2925

HARI INI

64232

KEMARIN

37670801

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook