Materi Lokalita
LAMPUNG > KABUPATEN LAMPUNG TIMUR > BATANGHARI

Hama Penggerek Batang Padi Bergaris ( Chilo suppressalis)

Senin, 06 Sep 2021
Sumber Gambar : Google

PENDAHULUAN

Tanaman inang dari hama ini adalah padi, jagung dan rumput-rumput liar.Larvanaya menyerang tanaman padi dengan membuat lubang dalam batang dan memakan jaringannya.

Telurnya berwarna putih sampai kuning bergaris tengah 1 mm.Telur diletakkan dalam kelompok yang saling menindih datar, menyerupai sisik, serta tidak tertutup oleh bulu. Ngengat penggerek padi bergaris biasanya aktif jika hari mulai malam.Setiap malam ngengat betina mampu bertelur 50 – 80 butir dalam satu kelompok selama 3-5 malam. Jumlah telur seluruhnya sekitar 100-550 butir. Kelompok telur biasanya diletakkan pada separuh permukaan daun.Sesudah menetas, ulat akan merayap ke atas dan akhirnya berkumpul di bawah pelepah daun tepat pada pertemuan antara pelepah dengan daun.Semua ulat tersebut akan masuk dalam lubang kemudian memakan bagian dalam batang. Ulat penggerek padi bergaris membuat lubang sebanyak 1-3 ruas.

Musuh alami :

Tabuhan dari Trichogramma spp , sebagai parasite telur ulat penggerek.

Jenis laba-laba menjadi predator ulat-ulat penggerek padi yang masih kecil.

Cendawan Isaria farinose

Pengendalian :

Sesudah panen, tanah segera dibajak dan digenangi air sehingga ulat dan telur yang ada pada tunggul jerami mati.Pada waktu panen, batang padi dipotong sedekat mungkin dengan tanah sehingga hanya sedikit ulatyang berada dalam tunggul yang pendek itu.

Tanam padi yang resisten.Biasanya jenis yang pendek, seperti padi IR.

Hama dikendalikan dengan insektisida butiran, misalnya Furadan, Curaterr dan Diazinon

Ditulis oleh Herlina,SP , Penyuluh Pertanian Madya (KJF) Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kab.Lampung Timur.

Referensi : Pracaya. Hama dan Penyakit Tanaman . (Depok, Penebar Swadaya, 2009)

PENGUNJUNG

44150

HARI INI

68073

KEMARIN

37479255

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook