Materi Lokalita
RIAU > KABUPATEN ROKAN HILIR > RIMBA MELINTANG

Sekolah Lapang Inovasi Teknologi Padi Penyuluh Pertanian Kementan Apresiasi

Jum'at, 03 Sep 2021
Sumber Gambar : Tomiri

Rimba Melintang, 03 September 2021. Balai Penyuluh Pertanian BPP Rimba Melintang, saat ini tengah menggelar Sekolah Lapang Inovasi Teknologi tanaman Padi sawah. yang difasilitasi  Kementrian Pertanian sebanyak 10 Laboratorium Lapang (LL). Teknologi yang di aplikasikan diantanya Teknologi Jajar Legowo 4:1, Pemupukan Berimbang, dan Pengendalian OPT.

Penyuluh Pertanian Pusat Kementrian Pertanian Susi Delvina Siregar, saat mengunjungi Kegiatan Laboratorium Lapang, memberikan apresiasi kepada kelompok tani pelaksanaan Kegiatan Sekolah, menurut Susi, Petakan LL Kegiatan SL Inovasi teknologi tanaman Padi di BPP Rimba Melintang cukup bagus, karena sangat terlihat perbedaan antara petani konvensional, dengan petakan percontohan, maka inilah alasanya mengapa perlu menerapkan Inovasi Teknologi yang di Sekolah Lapangkan, sehingga petani yang tidak terlibat bisa mencontoh petakan sawah Percontohan tersebut. melihat dari pertumbuhan saat ini, tanaman padi di petakan sawah bisa mengeluarkan hasil yang optimal, prediksi sementara antara 8 sampai 10 Ton Per hektar, Tutupnya.

Turut didampingi Koordinator BPP Rimba Melintang, Purwadi. SP. Sekolah Lapang INovasi teknologi padi ini merupakan Pertama dilaksanakan di Wilayah BPP Rimba Melintang, dengan berbagai teknologi terapan yang pernah berhasil, maka kita terapkan di laboratorium lapang, yaitu Inovasi Anjuran BPTP teknologi Jarwo dan Pemupukan Berimbang, sedangkan Perawatan lainya memperoleh rekomendasi dari Penyuluh pertanian Setempat. Kegiatan Sekolah Lapang Inovasi Teknologi ini dilakukan sebanyak 6 Kali Pertemuan, didalamya dibekali materi dari berbagai narasumber, dan sistem diskusi antara sesama peserta Sekolah Lapang, serta pengamatan petakan secara kontinyu.

Teknologi Sekolah Lapang Inovasi teknologi yang di terapkan adalah, 

1. Tanam Padi Muda Jajar Legowo

2. Pemupukan Berimbang Spesifik Lokasi

3. Pengendalian OPT Petani sebagai Ahli PHT

4. Pengolahan Lahan Sempurna

Menurut Tomiri, Penyuluh Pertanian Lapangan. Kegiatan Sekolah Lapang Penerapan Inovasi teknologi ini merupakan Penerapan Teknologi yang sangat tepat sasaran, sebab, Percontohan yang Laboratorium Lapang lansung bisa diakses Petani dengan melihat secara lansung Serta  dapat berintraksi sesama petani pelaksana, Sekoalh Lapang ini hendaknya dapat diteapkan di lokasi pertanian yang memang jauh dari Sumber daya, atau  pertanian yang masih pemula.

 

PENGUNJUNG

2431

HARI INI

64232

KEMARIN

37670307

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook