Gerbang Daerah
> >

Karantina Pertanian Sulawesi Tengah Menggelar Bimtek (gratieks) Didesa Tindaki Kecamatan Parigi Selatan

Rabu, 01 Sep 2021
Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi

Kementrian Pertanian melalui Karantina Pertanian Sulawesi Tengah menggelar bimbingan teknik (Bimtek) akselerasi ekspor komoditas pertanian di Desa Tindaki Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong, kegiatan tersebut diikuti sekitar 20 orang terdiri dari petani buah durian, pengumpul dan Penyuluh Pertanian Lapangan dengan mematuhi protokol kesehatan, Rabu (1/9/21).

Amril, S.Sos. MM Kepala Karantina Pertanian Palu Sulawesi Tengah dalam sambutannya menyampaikan, Karantina Pertanian selain perannya dalam mencegah masuk, keluar tersebarnya hama penyakit hewan dan tumbuhan Karantina juga memiliki tugas dalam meningkatkan ekspor produk pertanian melalui program gerakan tiga kali lipat ekspor pertanian (Gratieks).

"Sebagai fasilitator perdagangan internasional, kita pastikan setiap komoditas pertanian yang di ekspor mendapatkan fitosanitari sertifikat sebagai persyaratan negara tujuan", ujarnya.

Dalam bimtek tersebut, Karantina Pertanian Sulawesi Tengah juga menghadirkan narasumber Kegiatan yang di hadiri oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Dinas Perindag Kabupaten Parigi Moutong dan didampingi oleh Kepala UPTD Parigi Selatan sebagai Moderator didalam kegiatan ini. masing – masing narasumber memberikan materi tentang peran dalam mensukseskan program Gratieks dan memfasilitasi petani dan pengumpul terkait dengan hasil pertanian yang ada di Kabupaten Parigi Moutong.

 “Pentingnya peran seorang penyuluh agar selalu mendampingi petaninya dalam melakukan budidaya buah durian dari pemilihan bibit yang baik sampai dengan pasca panennya”. Ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, dalam hal ini Hadi Safwan, M.Si

Program Gerakan Tigakali Lipat Ekspor Pertanian (Gratieks) diharapkan mampu menciptakan eksportir baru, dan ragam komoditas baru khususnya di Kabupaten Parigi Moutong sebagai penghasil terbesar durian montong di Sulawesi tengah dan kepada para pelaku usaha, agar mampu menciptakan produk pertanian unggulan yang berdaya saing ekspor.

Melalui bimtek tersebut, Ramadhan Firman S.ST Selaku Kepala BPP Parigi Selatan  sangat merespon kegiatan bimtek tersebut dan memberikan ucapan terima kasih kepada balai karantina pertanian karena sudah memberi kesempatan dalam Program Gratieks bagi petani buah durian yang ada di desa tindaki kecamatan parigi selatan.

 

Sumber : Abd Gafur (PPL THL-TB)

Upload  : Saldi, S.ST (Admin Kabupaten)

 

PENGUNJUNG

2643

HARI INI

64232

KEMARIN

37670519

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook