Gerbang Daerah
> >

Bpp Pandawan Sambut Hangat Para Pencari Ilmu Bpp Paju Epat.

Selasa, 31 Agu 2021
Sumber Gambar : Dokumen Pribadi

     Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Pandawan merupakan salah satu kelembagaan penyuluhan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang menjelma menjadi Kostratani.  Dengan perubahan ini maka BPP Pandawan selalu berbenah diri untuk mampu menjalankan Lima (5) Fungsi BPP Kostratani. Salah satu fungsi yang ditingkatkan di BPP Pandawan sebagai kostratani yaitu BPP sebagai Pusat Pembelajaran.  Dengan demikian BPP pandawan dituntut untuk mampu memfasilitasi para pelaku utama dan pelaku usaha untuk dapat mengembangkan kompetensi yang dimilikinya.

     Penyediaan sara pembelajaran di BPP Pandawan bersifat sangat terbuka bagi siapa pun baik itu dari masyarakat tani wilayah binaan maupun di luar binaan sebagaimana patutnya pelayanan publik lainnya.  Hal tersebut tergambar dalam penyambutan dan terfasilatasi Sutudy Banding dari BPP Paju Epat Kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah pada Rabu, 31 Agustus 2021 yang disambut oleh Bapak Mohammad Husenan, SP selaku pimpinan BPP Pandawan.  Study banding kali ini merupakan yang kedua kalinya dari Kab.Bartim yang mana sebelumnya dilakukan pada tahun 2019 lalu.  Berbeda dengan kegiatan yang sebelumnya yang pesertanya merupan para penyuluh pertanian, kali ini pesertanya terdiri dari penyuluh pertanian dan pengurus kelompok.

     Tujuan dari study banding kali ini yaitu peserta ingin menggali mengenai penangan serangan OPT pada tanaman Cabai dan Manajemen UPJA.  Sehingga oleh Pimpinan BPP di fasilitasi ditempat yang sesuai untuk di kunjungi, untuk kegiatan pembelajaran tentang penanganan OPT pada tanaman cabai di lakukan di Kelompok Tani (Poktan) Sinar Warga Desa Pandawan,sedangkan untuk Manajemen UPJA diarahkan di UPJA Baharakat Desa Hilir Banua. Dalam kunjungan di lahan tanaman cabai  yang disambut oleh Bapak Muhammad Arsad Ketua Gapoktan Kayuh Baimbai dan di pandu Bapak M. Jusri selaku Ketua Poktan beserta anggota, peserta menggali segala informasi yang diperlukan mulai dari pemilihan varietas, pengolahan lahan, perawatan, hingga panen dan siklus tanam. Sedangkan untuk Manajemen UPJA dilaksanakan dengan diterima oleh pengurus UPJA M. Harly dan pengurus lainnya dijelaskan tentang asset dan pengembangannya, pembukuan UPJA, manajemen pengoperasionalnya serta besaran nila jasa disetiap pelayanan.

     Kegiatan study banding ini diakhiri dengan kunjungan ke kios-kios saprodi di wilayah sekitar Kecamatan Pandawan sebagai pendukung petani dalam hal penyediaan sarana dan prasarana produksi.  Dengan terlaksannya kegiatan ini diharapkan terjadi silaturahmi yang baik dan pertukaran informasi dan teknologi diantara pelaku utama dan juga kelembagan pertanian di kedua daerah tersebut.

 

Penulis : Edi Suprahwono, S.ST 

PENGUNJUNG

43085

HARI INI

68073

KEMARIN

37478190

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook