Materi Lokalita
SUMATERA BARAT > KABUPATEN SOLOK >

Padi Jarwo 4:1 Anak Daro di Bukit Kandung

Selasa, 31 Agu 2021
Sumber Gambar : Met`21

Varietas lokal umumnya banyak ditemukan di daerah-daerah yang masyarakatnya menggemari cita rasa tertentu terhadap tekstur nasi, termasuk di Provinsi Sumatera Barat tak terkecuali di Kabupaten Solok. Varietas lokal berdasarkan hasil pengamatan di lapang rata-rata memiliki umur lebih panjang dibandingkan varietas hasil pemuliaan, dan memiliki ketahanan terhadap hama penyakit utama pada padi seperti wereng batang cokelat dan blas.

Salah satu varietas lokal yang banyak diminati di Kabupaten Solok diantaranya adalah Varietas Anak Daro. Anak Daro merupakan salah satu varietas padi unggul lokal kebanggaan warga Solok Sumatera Barat. Varietas ini telah dilepas sesuai dengan keputusan Menteri Pertanian no.73/Kpts/SR.120/2/2007. Keunggulan varietas ini mampu beradaptasi dengan baik pada daerah dengan ketinggian tempat sampai 600 mdpl, tekstur nasi pera, nilai jual lebih tinggi 10-15% dari varietas unggul nasional dengan potensi hasil 6,40 ton/ha GKG. Anak Daro sudah mendapatkan sertifikat IG(indikasi geografis) yang merupakan perlindungan dan kepastian hukum suatu produk serta mencegah penggunaan produk yang tidak sah (https://sumbar.litbang.pertanian.go.id).

Di Nagari Bukit Kandung Jorong Mudiak Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok, tepatnya di lahan anggota poktan, padi sawah anak daro ditanam dengan sistem tanam jajar legowo 4:1 berjarak tanam 40:25:12,5 cm. Ditanam dengan jumlah bibit 4-5 bibit/ lubang. Pemupukan dilakukan baik dengan pupuk anorganik, juga dengan pupuk organik dari kotoran hewan sapi/ kerbau. Pada umur tanam 42 hari, jumlah anakannya sudah mencapai 22-25 anakan dengan tinggi telah mencapai sekitar 70 cm. Dari penerapan cara budidaya tersebut telah didapatkan hasil tanaman 5,5 ton/ha.

 

Penyusun:

Slamet Muharmoko, SP, M.Si (PP Madya - PP Kab. Solok)

Sumber tulisan: Liputan langsung di lapangan;

PENGUNJUNG

48750

HARI INI

68073

KEMARIN

37483855

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook