Materi Lokalita
SULAWESI SELATAN > KABUPATEN SINJAI > BULUPODDO

PASCA PANEN PADI

Selasa, 31 Agu 2021
Sumber Gambar : Koleksi Pribadi

Pasca panen tanaman padi mulai dilakukan ketika padi memasuki masa panen hingga menghasilkan produk yang dapat dipasarkan. Adapun kegiatan pasca panen meliputi tahapan pemanenan, pengumpulan, perontokan dan lainnya. Berikut penjelasannya:

1. Pemanenan

Masa pemanenan padi harus dilakukan dengan tepat, karena hal tersebut mempengaruhi hasil mutu gabah atau beras. untuk menentukan masa panen padi Anda, bisa menggunakan pengamatan visual dan pengamatan teoritis.

Pengamatan visual dilakukan berdasarkan penampakan padi di hamparan sawah, masa panen dilakukan ketika butir padi berwarna kuning keemasan sebesar 90-95%. Dimana kondisi tersebut akan menghasilkan beras dan gilingan yang baik.

Sedangkan pengamatan teoritis dapat dilihat berdasarkan varietas padi serta pengukuran kadar air menggunakan moisture tester. Dilihat dari varietas, usia panen padi sekitar 30-35 hari sesudah tumbuh bunga merata. Dilihat dari pengukuran kadar air ketika musim kemarau sekitar 22-23% dan ketika hujan sekitar 24-26%.

Untuk memanen padi diperlukan alat atau mesin yang sesuai dengan persyaratan teknis ekonomi serta kesehatan.  Adapun sistem panen yang dilakukan yaitu secara berkelompok atau beregu dengan jumlah pemanen sekitar 7-10 orang dan satu unit pedal tester.

2.Penumpukan serta Pengumpulan

Tahapan penumpukan serta pengumpulan harus dilakukan secara tepat agar tidak menghilangkan kualitas padi yang tinggi. Untuk mengurangi resiko kehilangan hasil sekitar 0,94 – 2,36%  Anda bisa menggunakan alas atau wadah ketika melakukan penumpukan serta pengumpulan padi.

3. Perontokan

Tahap perontokan yang dilakukan dengan tidak tepat dapat mengakibatkan kehilangan hasil hingga lebih dari 5%. Cara alami merontokkan padi yaitu dengan digebot atau diinjak serta dipukul. Namun saat ini para petani telah menggunakan mesin perontok untuk memudahkan tahap perontokan padi.

Bulupoddo,     Agustus 2021

A. Alwatiah Asapa, SP

Penyuluh Pertanian Madya Desa Lamatti Riawang

PENGUNJUNG

1830

HARI INI

64232

KEMARIN

37669706

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook