Gerbang Daerah
> >

PENILAIAN KELOMPOK TANI DI KELURAHAN BROTONEGARAN, BPP PONOROGO TAHUN 2021

Selasa, 31 Agu 2021
Sumber Gambar : doc. Bang Joe`s/ BPP Ponorogo 2021

           (Kota Reog 31/08/21). Penilaian Poktan Ini hari Pertama dilakukan di bulan Agustus 2021. Rabo, 18 Agustus 2021 bertempat di Rumah Sunarto anggota Kelompok Tani (poktan) Sumber Agung Kel. Brotonegaran Kec. Ponorogo dilakukan Penilaian Kelompok Tani Berprestasi Tingkat Kabupaten Ponorogo. Kegiatan ini merupakan program tahunan yang dilaksanakan secara berjenjang yang dimulai dari pengusulan poktan tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga nasional. Penilaian tersebut diatur dan dilaksanakan berdasarkan instrument penilaian yang objektif dan ditetapkan berdasarkan peraturan menteri pertanian. Tujuan utama penilaian kelompok tani berprestasi adalah untuk memberikan motivasi kepada para petani yang tergabung dalam kelompok tani sebagai pelaku utama, untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas dalam mengelola usaha taninya. Untuk kecamatan Ponorogo diusulkan Poktan Sumber Agung mewakili, poktan ini diketuai Mujiono beralamat di Dusun Brakungan Kel. Brotonegaran Kec. Ponorogo dengan jumlah anggota sebanyak 25 orang dan mempunyai luas areal persawahan 20 ha. Terbentuk dan dikukuhkan melalui Surat Keputusan oleh Bupati Ponorogo 1151.K/35.17.170.2009 tahun 2009. Mempunyai klasifikasi kelas kemampuan kelompok tani Lanjut yang dibina oleh Joesoef Soegiarto,SP PPL Kel. Brotonegaran. Poktan ini aktif melakukan usahatani, mulai dari budidaya padi dan hortikultura serta budidaya ternak yang diusahakan oleh anggota poktan masing-masing. Aktif melakukan pertemuan, baik di poktan maupun di BPP dan juga aktif mengikuti pelatihan yang diadakan baik dari Dinas Pertanian maupun di Balai Penyuluhan Pertanian Ponorogo serta instansi lain yang mengadakan pelatihan - pelatihan pertanian.

          Dari kegiatan pelatihan yang diikuti oleh pengurus maupun anggota kemudian ditularkan kepada anggota lainnya untuk merubah Perilaku, Sikap dan Keterampilan (PSK) sehingga dapat maju, mandiri dan modern untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup anggota poktan.Penilaian dan verifikasi untuk penilaian tingkat kabupaten dilakukan oleh Tim Penilai dengan turun langsung ke lapangan atau poktan dengan melihat administrasi kelompok dan aktivitas teknis (budidaya/pengolahan hasil/agribisnis/kemitraan) yang dilakukan oleh poktan. Kegiatan ini diikuti oleh Marjono SP.MMA, SP Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DIPERTAHANKAN) Kab Ponorogo selaku Ketua Tim Penilai, Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DIPERTAHANKAN) Kabupaten Ponorogo dan para anggota tim penilai. Juga dihadiri oleh Koordinator PP Drh. Niken Widajati ,Lurah Brotonegaran khoirul Anam,S.Sos dan Penyuluh BPP Ponorogo.

          Sementara itu Marjono SP.MMA, SP Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DIPERTAHANKAN) Kab Ponorogo mengatakan, maksud dan tujuan penilaian Kelompok Tani Berprestasi 2021 ini untuk memotivasi dan meningkatkan kinerja kelompok tani sebagai lembaga pelaku utama pembangunan pertanian di pedesaan. Selain itu, melalui penilaian ini bisa diukur kinerja, keberhasilan dan prestasi kelompok tani dalam melaksanakan fungsinya dengan semangat maju, mandiri dan modern yang diharapkan menjadi mesin penggerak program kementan yaitu "KOSTRATANI". Evi Ediana,SP selaku Kepala Seksi Kelembagaan yang juga merupakan Sekretaris Lomba Kelompok Tani Berprestasi Tingkat Kabupaten Ponorogo Tahun 2021 mengatakan Penilaian Kelompok Tani Berprestasi dimulai tgl 18 Agustus 2021 s/d berakhir pada hari Rabo, 22 September 2021, Penilaian ini tidak hanya dilakukan di rumah poktan tetapi juga di buktikan di lapangan sesuai bidang usaha yang diajukan oleh petani dan kelompoknya, selesai mengadakan penilaian,dimana telah dinilai oleh tim penilai sebanyak 21 poktan usulan dari BPP kecamatan Ponorogo,sedangkan untuk pemenangnya akan di rapatkan terlebih dahulu oleh Tim Penilai Kabupaten dengan Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo,” tutupnya.

Penulis : admin-Ponorogo/ Joesoef soegiarto,SP

PENGUNJUNG

3715

HARI INI

64232

KEMARIN

37671591

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook