Materi Lokalita
SULAWESI SELATAN > KABUPATEN SINJAI > SINJAI SELATAN

Menentukan Saat Panen Padi

Selasa, 31 Agu 2021
Sumber Gambar : Koleksi Pribadi

Untuk menentukan masa panen padi bisa menggunakan pengamatan visual dan pengamatan secara teoritis. Masa panen padi harus dilakukan dengan tepat, karena hal tersebut mempengaruhi hasil mutu gabah atau beras.

Pengamatan visual dilakukan berdasarkan penampakan padi di hamparan sawah, masa panen dilakukan ketika butir padi berwarna kuning keemasan sebesar 90-95%. Dimana kondisi tersebut akan menghasilkan beras dan gilingan yang baik

Saat panen harus tepat karena kalau tidak tepat dapat menimbulkan kehilangan hasail yang tinggi dan mutu gabah/ beras rendah.

Penentuan saat panen dapat dilakukan berdasarkan:

  1. Pengamatan visual : dengan cara melihat kenampakan padi pada hamparan sawah, umur panen optimal padi dicapai apabila 90 – 95 % butir padi pada malai sudah berwarna kuning atau kuning keemasan, pada kondisi ini akan menghasilakan gabah berkualitas baik sehingga menghasilkan rendeman giling yang baik.
  2. Pengamatan Teoritis : dilakukan dengan melihat deskripsi varietas padi dan mengukur kadar air dengan moisture tester. Berdasarkan deskripsi varietas padi umur panen yang tepat adalah 30 – 35 hari setelah berbunga merata atau 135 – 145 HST, berdasarkan kadar air umur padi optimal dicapai setelahkadar air gabah mencapai 22 -23 % pada musim kemarau dan antara 24 – 26 % pada musim penghujan.

Sinjai,   Agustus 2021

Imran Syam

Penyuluh Pertanian Madya Kab. Sinjai, SUl-Sel

PENGUNJUNG

2881

HARI INI

64232

KEMARIN

37670757

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook