Materi Lokalita
JAWA TENGAH > KABUPATEN KLATEN > BAYAT

KETEPATAN MASA TANAM AWAL KEBERHASILAN BUDIDAYA KEDELAI LAHAN KERING DI KECAMATAN BAYAT KLATEN

Senin, 30 Agu 2021
Sumber Gambar : Dokumen BPP

Oleh : Slamet Mulyana,SP

BPP Bayat Klaten

 

Budidaya tanaman kedelai dilahan kering seperti di lahan hamparan wilayah kecamatan Bayat, Cawas utamanya di wilayah zona selatan Kabupaten Klaten, sangat  tergantung pada ketepatan saat tanam. Pengalaman yang biasa dialami selama ini para petani saat tanam apabila waktunya tepat dan sesuai untuk pertumbuhan spesifik lokasi ada harapan keberhasilan dalam budidaya kedelai. Untuk hasil pertumbuhan maksimal dikarenakan kondisi kelembaban tanah yang di sesuaikan untuk pertumbuhan perkecambahan awal tanaman kedelai, maka dikarenakan kondisi wilayah Bayat dan Cawas ( Zona selatan Kabupaten Klaten ) musim tanam ketiga / musim kemarau saat panen lahan sudah tidak ada aliran air maka pola penanaman kedelai langsung tanam setelah tanaman padi di panen. Jadi kebiasaan yang dilakukan para petani pada lahan yang sama ada tenaga panen padi langsung di teruskan di belakang regu panen ada regu tanam kedelai. Hal ini dilakukan karena apabila kelembaban lahan sudah kering karena jeda waktu tanam dari saat panen maka akan terjadi kerasnya tanah lempung hitam untuk di taju untuk lubang tanam kedelai. Juga karena jeda waktu mengakibatkan kandungan air tanahnya

( kelembaban ) berkurang yang mengakibatkan daya kecambah awal kedelai kurang. Juga kebiasaan spesifik lokasi yang dilakukan petani bahwa pengalaman tanam pagi dan sore hari juga berpengaruh. Pengalaman lapang para petani bahwa waktu tanam sore hari lebih baik dampak pertumbuhan awalnya.

Ilmu titen ( ilmu kebiasaan yang dialami petani ) apabila tanaman kedelai umur 14-21 hari pertumbuhan daun antar tanaman kedelai bisa sambung atau bersentuhan maka penguapan air tanah berkurang kelembaban terjaga dan ada harapan bisa tumbuh baik sampai dengan panen. Namun bila jarak antar  daun renggang dan tanah mengalami cepat kering maka dapat di prediksi nanti produksi dan keberhasilan akan berkurang. Itulah keadaan dan kondisi budidaya tanaman kedelai yang nama ketepatan saat tanam merupakan kunci awal keberhasilan budidaya kedelai yang mana kelanjutanya adalah dengan pemupukan menggunakan pupuk daun dan pengamatan serta pengendalian OPT  .

PENGUNJUNG

1783

HARI INI

64232

KEMARIN

37669659

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook