Materi Lokalita
SUMATERA BARAT > KABUPATEN SOLOK SELATAN > KOTO PARIK GADANG DIATEH

JENIS PAKAN TERNAK SAPI

Senin, 30 Agu 2021
Sumber Gambar : pribadi

 Pakan Hijauan

Bahan pakan utama ternak sapi penggemukan adalah dalam bentuk hijauan yaitu berasal dari rumput unggul, rumput lokal dan leguminosa.  Beberapa contoh hijauan pakan unggul berupa rumput yang dapat dibudidayakan adalah rumput gajah, rumput raja, rumput setaria, rumput mexico dan lain-lain, sedangkan hijauan pakan unggul berupa daun-daunan adalah leguminosa (kacang-kacangan seperti centro, siratro, lamtoro/petaicina dan gamal). Hasil sampingan tanaman pertanian yang bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak sapi adalah brangkasan kacang tanah, kacang kedele, pucuk jagung muda dan lain-lain.

Hijauan pakan unggul berupa rumput potong:

  • Umumnya berumur panjang, tumbuh membentuk rumpun setinggi 60 –150 cm bahkan lebih.
  • Berdaun lebat dan sistem perakarannya luas sehingga relatif tahan kering.
  • Tumbuh baik pada dataran tinggi sampai rendah
  • Dapat diperbanyak dengan biji, pols (sobekan rumpun) dan stek batang dengan jarak 40 – 60 cm, sebaiknya ditanam pada awal musim hujan.
  • Panen (pemotongan/defoliasi) pertama dilakukan saat berumur ± 2 bulan. Pemotongan berikutnya dilakukan setiap 1,5 bulan dengan tinggi pemotongan 10 – 15 cm dari permukaan tanah

Pakan Penguat (Konsentrat)

Konsentrat adalah campuran dari beberapa bahan pakan untuk melengkapi kekurangan gizi dari hijauan pakan ternak.  Bahan pakan konsentrat yang dapat diberikan pada ternak sapi antara lain : dedak padi, bungkil kelapa, jagung giling, bungkil kacang tanah, ampas tahu, ampas kecap, dan lain-lain.  Campuran bahan pakan konsentrat yang diberikan pada ternak sangat tergantung kepada harga dan ketersediaan bahan pakan di sekitar lokasi usaha penggemukan ternak sapi.

Pakan Tambahan

  • Vitamin
  • Mineral
  • Protein

Pakan Tambahan berupa vitamin ini bisa didapat malaui injeksi oleh dokter hewan dan petugas paramedis hewan, mineral dan sumber protein bisa didapat di toko-toko pertanian.

 

Ditulis oleh : Novita Sari, SP

PENGUNJUNG

2087

HARI INI

64232

KEMARIN

37669963

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook