Gerbang Daerah
> >

Apso Lutim Gelar Panen Sri Organik Bersama Pemda Luwu Timur Dan Pt Vale Indonesia Tbk.

Sabtu, 28 Agu 2021
Sumber Gambar : Yogi AMP.

Assosiasi Petani SRI Organik Luwu Timur (APSO-LUTIM) Menggelar Panen Padi SRI Organik yang dihadiri Oleh Ketua Tim Koordinasi Kabupaten Program PPM PTVI, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Timur, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Luwu Timur, Menejemen PT Vale Indonesia Tbk. Kapolsek Wasuponda, Konsultan Aliksa Organik, KNK dan PIC Program PPMPTVI dan segenap Petani Pelaku Sri Organik di Kecamatan Wasuponda. kegiatan ini dilaksanakan pada Hari sabtu tanggal 28 Agustus 2021 di lokasi lahan sawah pak Yuli Sumule desa Ledu Ledu Kec. Wasuponda Kabupaten Luwu Timur dengan produktivitas 6,1 ton/Ha. program ini di dukung dan disupport oleh Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Timur dan Perusahaan PT Vale Indonesia Tbk.

Panen bersama ini digelar sebagai wujud komitmen bersama Antara Pemerintah Daerah Luwu Timur, PT VAle Indonesia Dan para petani APSO Lutim untuk menunjukkan keseriusan dan komitmen mereka dalam mengembangkan pertanian sehat ramah lingkungan dengan metode Sri organik di daerah ini, sejalan dengan itu kebutuhan akan beras organik di luwu timur dan wilayah lain di sulawesi selatan yang terus meningkat sehingga merupakan tantangan juga bagi para petani untuk senantiasa menjaga kualitas dan kuantitas produk beras organik tersebut. Disadari bahwa dalam perjalanan program ini masih banyak terdapat kekurangan dan hambatan baik teknis maupun non teknis baik sarana maupun  prasarana. selain itu pemasaran produk petani juga masih perlu masukan saran saran dan peran dari berbagai elemen baik pemerintah maupun swasta.

Sejak Tahun 2015 para Petani yang terhimpun dalam Assosiasi Petani SRI Organik Luwu Timur menerapkan kegiatan budidaya padi organik dengan metode SRI dengan mengembangkan varietas mentik susu dan padi Merah, dimana metode ini tidak menggunakan bahan kimia sintetis baik pupuk maupun pestisida, sehingga mengedepankan kelestarian lingkungan berbasis pengelolaan tanah dan air secara efisien, penggunaan bahan organik secara utuh dan menghasilkan produk pertanian yang sehat dan ramah lingkungan. 

Fokus perhatian pemerintah daerah Kabupaten Luwu Timur adalah peningkatan produksi dan ketersediaan pangan untuk menjamin ketersediaan bahan pangan dan sebagai komoditi penggerak ekonomi masyarakat di Kabupaten Luwu Timur yang sebahagian besar penduduknya adalah sebagai Petani. 

Harapannya dengan adanya produk beras organik diharapkan mampu menjadi produk unggulan bagi daerah ini, untuk menopang perekonomian para petani dan mampu menyediakan bahan makanan yang sehat aman dan berkesinambungan. Harapan terbesar lainnya  adalah bagaimana nantinya beras organik produk petani ini mampu merambah pasar sampai ke luar negeri.

  

Penulis : Darlan, SP

BPP Wasuponda

PENGUNJUNG

3769

HARI INI

64232

KEMARIN

37671645

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook