Materi Lokalita
RIAU > KABUPATEN ROKAN HILIR > RIMBA MELINTANG

Perluasan Area Tambah Tanam Baru Sawah di Pesisir Sungai Rokan

Sabtu, 28 Agu 2021
Sumber Gambar : Tomiri

Rimba Melintang, 27 Agustus 2021. Perluasan Area Tambah Tanam Baru di Bantaran Sungai Rokan Semakin bertambah, saat ini baru tiga musim tanam dilakukan petani sejak pembukaan lahan. hasil panen pertama mencapai 6 Ton/Ha. sedangkan musim ke dua, berhasil mencapai 7 Ton/Ha, namum pada musim ke tiga ini, produksi sedikit menurun, hanya mencapai 4,5 Ton/Ha. disebabkan saat pasca tanam padi mengalami kekeringan dan kemarau.

Lokasi Pertanian ini sangat jauh dari akses umum, seperti jalan Produksi atau perkampungan, namun memiliki potensi besar untuk menambah luasan lahan dan produksi pertanian. saat ini sudah tercatat seluas 46 hektar lahan yang sudah dikelola petani tempatan, dengan potensi penambahan mencapai 75 Hektar. 

Ketua Kelompok Tani Maju Bersama Kepenghuluan Lenggadai Hulu, mengakui kesulitan dalam akses menuju usaha pertanian, namun tidak menyurutkan semangat untuk bersawah, harapan ini untuk mendongkrak ekonomi petani sekitaran dalam pemanfaatan lahan tidur di sekitaran bantaran sungai rokan, tentunya menambah list produksi pangan di Rokan Hilir ungkap rusli. jika sarana insprtastruktur seperti jembatan, Jalan Usaha Tani dan Jaringan Irigasi terfasilitasi, pasti produksi lebih meningkat lagi, dilihat dari kontur tanah sangat cocok untuk lahan Persawahan Pasangang Surut yang seperti sudah kami geluti tutupnya.

Penyuluh Pertanian Lapangan Setempat, Tomiri, Menjelaskan Kondisi Persawahan baru. lokasinya memang sangat jauh dan sulit dari akses jalan produksi. jembatan juga terbuat dari kayu, namun potensi sangat cocok untuk persawahan, kondisi tanah lempung berpasir, dan sedikit liat ini cukup cocok untuk budidaya tanaman padi sawah. apalagi di perbaiki irigasinya, disana sumber air pastinya dari sungai rokan, dan sebagian tadah hujan. 

dalam kunjungan penyuluh pertanian menyempatkan uji kadar Hara dan pH tanah, deri pengujian itu. rekomendasi pemupukan juga sangat rendah. artinya pemupukan tidak diperlukan dalam jumlah banyak.

PENGUNJUNG

2676

HARI INI

64232

KEMARIN

37670552

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook