Gerbang Daerah
> >

SOSIALISASI KOSTRATANI PADA PERTEMUAN BPP DI KECAMATAN PINGGIR

Jum'at, 27 Agu 2021
Sumber Gambar : BPP Kec.Pinggir

         Program Sistem Komando Strategis Teknis Pertanian (Kostra Tani) yang dicanangkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mulai digencarkan. Kostra Tani adalah pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional. Melalui Kostra Tani, BPP yang ada di kecamatan berperan sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian dan pusat pembelajaran yang kegiatannya itu akan dikoneksikan sampai ke tingkat pusat.

          Seperti halnya yang disampaikan Kabid Penyuluh Pertanian Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau, bapak Yudhi Haryanto, SH, MPA pada pertemuan bulanan BPP di Kecamatan Pinggir bahwa kostra tani akan menjadikan BPP sebagai pusat data, tempat konsultasi bagi masyarakat untuk berkonsultasi di bidang pertanian. Hal ini akan membuat BPP menjadi tumpuan pengendali pertanian dan mengoptimalkan peran penyuluh di kecamatan sebagai ujung tombak dan garda terdepan ketahanan pangan nasional. Secara teknis, Kostra Tani ini akan mendorong kinerja para penyuluh di balai-balai tingkat kecamatan.

          “Program kostra tani ini juga merupakan program yang kan melibatkan pemerintah daerah agar ikut serta memperhatikan perkembangan pertanian didaerahnya, kostra tani ini akan di ketua langsung oleh camat setempat dan melibatkan kepala desa”, ungkap pak Yudhi. Sehingga pada kesempatan tersebut pak kabid meminta kepada setiap penyuluh agar mempersiakan administrasi data dan kegiatan setiap poktan yang dibina.

          Dengan adanya program tersebut di harapkan akan membawa perubahan bagi dunia pertanian khususnya di kecamatan pinggir, besar harapan meskipun Kecamatan pinggir Komoditas utamanya adalah tanaman perkebunan namun tidak menutup kemungkinan dapat dijadikan menjadi sentral pertanian hortikultura dan tanaman pangan

 

 

Penulis : Lidia Bangun, SP

PENGUNJUNG

3311

HARI INI

64232

KEMARIN

37671187

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook