Gerbang Daerah
> >

Menjalin Kemitraan komoditas Jagung antara Kelompok Tani Tunas Tani dengan CV. Mutiara Bumi bekerja sama dengan PT. Petrokimia Gresik

Jum'at, 27 Agu 2021
Sumber Gambar : DOKUMEN BPP

Desa Sekaran merupakan salah satu sentra penghasil Jagung di kecamatan Kasiman, yang mana desa tersebut mempunyai luas baku lahan sawah  518 Ha, lahan kering  330 Ha, dan kawasan hutan kurang lebih 400 Ha. Kawasan hutan yang dominan di desa Sekaran merupakan salah satu faktor utama penyumbang pertanaman Jagung. Sebagai salah satu desa sentra penghasil jagung, maka upaya peningkatan produksi setiap tahun harus terus dilakukan, diantaranya dengan cara menjalin kemitraan dengan pelaku usaha di bidang pertanian.

Banyak kendala yang dihadapi oleh kelompok tani Tunas Tani di desa Sekaran kecamatan Kasiman, diantaranya terkait modal usaha tani dan pemenuhan kebutuhan pupuk bersubsidi bagi petani jagung di kawasan hutan. Terjalinnya kemitraan antara kelompok tani dengan pelaku usaha di bidang pertanian merupakan salah satu alternatif solusi guna mengatasai permasalahan tersebut diatas, dimana pelaku usaha bisa memberikan fasilitasi pinjaman modal usaha tani, baik berupa biaya garap/panen dan berupa saprodi.

Kemitraan antara kelompok tani Tani Tunas Tani dengan CV. Mutiara Bumi bekerja sama dengan PT. Petrokimia Gresik terjalin pada bulan Agustus tahun 2021, dimana sosialisasi kemitraan dilaksanakan pada tanggal 04 Agustus 2021 di dusun Ngantru, desa Sekaran, kecamatan Kasiman, dan dihadiri oleh 24 orang peserta yang terdiri dari unsur Kelompok Tani, Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kabupaten Bojonegoro beserta Penyuluh kecamatan Kasiman, serta perwakilan dari CV. Mutiara Bumi dan PT. Petrokimia Gresik. Petani yang tergabung dalam keanggotaan kelompok tani begitu antusias mengikuti kegiatan sosialisi ini, mengingat dengan dengan adanya kegiatan ini dapat membantu mereka dalam hal pemenuhan biaya usaha tani. Adapun fasilitas yang diberikan oleh  CV. Mutiara Bumi bekerja sama dengan PT. Petrokimia Gresik diantaranya adalah pinjaman saprodi berupa benih jagung dengan varietas dan jumlah sesuai keinginan dan kebutuhan petani, pupuk anorganik non subsidi, pestisda dan pinjaman biaya garap dan panen. Pinjaman diberikan tanpa ada bunga ataupun jaminan, sehingga sangat meringankan petani. Pinjaman tersebut nantinya dibayar pada saat petani telah melakukan panen, dimana hasil panen dibeli oleh CV. Mutiara Bumi dengan harga pasar yang berlaku pada saat itu

Dengan adanya kegiatan Kemitraan antara kelompok tani Tani Tunas Tani dengan CV. Mutiara Bumi bekerja sama dengan PT. Petrokimia Gresik ini,   diharapkan dapat membantu petani yang ada di desa Sekaran kecamatan Kasiman dalam berusaha tani Jagung, sehingga mereka bisa membudidayakan tanaman jagung tanpa terkendala permasalahan modal usaha tani, yang mana pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi jagung di desa Sekaran, meningkatkan penghasilan petani di desa Sekaran, serta meningkatkan Nilai Tukar Petani di desa Sekaran. Selain itu diharapkan dengan adanya kegiatan kemitraan ini, diharapkan mampu meningkatkan luas pertanaman jagung yang ada di desa Sekaran, sehingga nantinya mampu menyumbang penamabahan produksi Jagung di kecamatan Kasiman.

Oleh AHMAD NOOR AFANDY, S.P-Penyuluh Pertanian Kecamatan Kasiman

PENGUNJUNG

3450

HARI INI

64232

KEMARIN

37671326

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook