Gerbang Daerah
> >

Bpp Mendoyo Gandeng Pupuk Hayati

Jum'at, 27 Agu 2021
Sumber Gambar : Dewi Wulan Gentari, SP

BPP Mendoyo bersama distributor Pupuk Hayati Riogen melaksanakan penanaman padi melaui demo plot (demplot) lahan BPP Mendoyo seluas 50 are yang terletak di Subak Yehembang, Ds. Yehembang kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana pada Selasa (24/8).

Demplot ini sebagai salah satu bentuk kerjasama BPP Mendoyo dengan memanfaatkan dana Biaya Operasional Penyuluh (BOP) dengan pihak luar (Pupuk Hayati Riogen) dalam upaya peningkatan produksi padi di Kabupaten Jembrana dengan tetap mendukung keberlangsungan ekosistim alam dengan pelan-pelan mulai beralih menggunakan Pupuk Hayati.

Pada pelaksanaannya demplot ini menggunakan benih padi varietas Bioni 63 Ciherang Agritan yang diperoleh dari BPTPH Provinsi Bali. Kegiatan penanaman padi pada demplot tersebut dilakukan oleh ASN yang berkanotor di BPP Mendoyo, mulai dari Koordinator Penyuluh Pertanian, Penyuluh Pertanian, POPT, dan Medik Veteriner. Sistim tanam legowo 2:1 digunakan agar populasi menjadi lebih banyak dibandingkan populasi pada sistim tanam biasa sehingga diharapkan produksinya juga meningkat. “Sistim tanam legowo 2:1 dengan jarak 25x12,5x40cm populasi tanaman meningkat sebesar 33,3% dibandingkan sistim tanam tegel sehingga diharapkan produksinya juga lebih banyak” ujar I Made Wijaya, SP., selaku Koordinator Penyuluh Pertanian BPP Mendoyo. Kemudian, kombinasi penggunaan pupuk hayati Riogen selain untuk meningkatkan penyerapan unsur hara juga diharapkan turut menjaga keberlangsungan ekosistim sawah dan menjaga kesehatan tanah.

Demplot ini dapat dilakukan sebagai sarana penyuluhan pertanian kepada petani agar petani dapat belajar teknologi pertanian dan melihat bukti secara langsung proses pelaksanaannya. I Made Wijaya menekankan pentingnya pemupukan berimbang dan efisiensi pemupukan. Selain penerapan sistim tanam yang tepat juga mendukung peningkatan produksi padi, salah satunya menggunakan sistim tanam legowo 2 :1. “Kami berupaya mengadakan lebih banyak demplot agar lebih banyak petani yang merasakan manfaatnya”, ujarnya. 

 

Penulis : Deni Prasetiyo, SP (Penyuluh Pertanian Ahli Pertama)

PENGUNJUNG

3336

HARI INI

64232

KEMARIN

37671212

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook