Gerbang Daerah
> >

Poktan Sido Makmur II Desa Pungpungan Kec.kalitidu Semangat Agustus Semangat Gerdal Tikus (rattus Argentiventer)

Kamis, 26 Agu 2021
Sumber Gambar : DOKUMEN BPP

Semangat peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76 tanggal 17 Agustus 2021, Tak hanya dapat dimeriahkan dengan pawai atau karnaval...Namun semangat itu dapat diwujudkan dalam bentuk semangat melakukan kegiatan yang positif..bermakna..dan berguna bagi sesama apalagi di tengah pandemi seperti ini.

Seperti halnya semangat para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani SIDO MAKMUR II Desa Pungpungan kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro dalam kegiatan gerakan Pengendalian hama tikus (Rattus Argentiventer) pada tanggal 20 Agustus  2021 guna pengamanan tanaman padi mereka yang baru berumur 15 -30 hari setelah tanam dengan didampingi petugas POPT dan PPL .

Gerakan pengendalian ini diadakan setelah sebelumnya dilakukan pengamatan padà tanggal 16 Agustus 2021 yang diketahui adanya serangan tikus seluas 3 Ha, dengan intensitas serangan 4.14% dan luas waspada serangan 40 Ha dari luas tanam 155 Ha. Dari hasil pengamatan tersebut maka petugas POPT, PPL, Kelompok Tani beserta anggota sepakat melakukan Gerakan Pengendalian.

Gerdal dilakukan dengan pengumpanan Rodentisida anti koagulan secara serempak dengan harapan populasi cepat turun. sehingga tidak terjadi serangan lagi yang dapat mengakibatkan kerusakan berat pada tanaman padi mereka. Terutama serangan pada fase generatif, karena tanaman tidak mampu membentuk anakan baru.

Pada serangan berat, tikus merusak tanaman padi mulai dari tengah petak meluas ke arah pinggir dan menyisakan 1-2 baris tanaman padi di pinggir petakan (pematang). Serangan terjadi pada malam hari, di siang hari tikus bersembunyi dalam sarangnya di pematang, jalan sawah, tanggul irigasi dan di perkampungan yang berdekatan dengan sawah.
Anjuran pengendalian lain yang dapat dilakukan adalah dengan pengemposan liang aktif tikus pada pematang atau tanggul sawah. Disamping itu pengendalian sebaiknya dilakukan sejak dini dan berkelanjutan karena tikus dapat nenyerang tanaman padi sejak di pesemaian hingga panen, bahkan hingga di tempat penyimpanan.
Tetap Semangat Petaniku
Oleh Lu`luatul M., SP. -PPL Kecamatan Kalitidu

PENGUNJUNG

3463

HARI INI

64232

KEMARIN

37671339

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook