Materi Lokalita
SULAWESI SELATAN > KABUPATEN BANTAENG > ULUERE

Penentuan Titik Koordinat Dan Luas Lahan

Rabu, 25 Agu 2021
Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi

Awal terbukanya sistem eRDKK untuk penginputan tahun 2022 hampir pasti mengagetkan sebahagian besar penyuluh pertanian, tidak terkecuali penyuluh pertanian di BPP Loka. Penyebabnya adalah selain karena data RDKK harus selaras (sinkron) dengan data Simluhtan, juga karena terdapat data isian baru untuk individu petani, yaitu titik koordinat lahan.

Titik koordinat lahan sebenarnya bukan lagi hal yang sulit untuk diketahui di zaman digital atau Era 4.0 ini. Dengan menggunakan smartphone, seseorang hanya membutuhkan koneksi internet untuk mengetahuinya tanpa harus turun langsung ke lokasi. Namun demikian, meskipun teknologi informasi ini telah memudahkan, semua kembali kepada pengguna teknologi tersebut. Dalam artian bahwa yang diperlukan saat ini adalah bagaimana seorang penyuluh memanfaatkan smartphone-nya untuk membantu pelaksanaan tugasnya, misalnya menentukan titik koordinat lahan petani. Hal ini tentunya berhubungan dengan pengetahuan dan keterampilan penyuluh. Tulisan ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan tentang pemanfaatan smartphone untuk mendukung tugas penyuluh, dalam hal ini mendampingi penyusunan RDKK kelompok tani. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Pertama. Seorang penyuluh sudah semestinya memiliki smartphone Android yang selain memiliki koneksi internet, juga memiliki fitur GPS.

Kedua. Memasang aplikasi GPS Fields Area Measure yang bisa didapatkan di Google Play Store. Aplikasi inilah yang akan digunakan untuk menentukan titik koordinat, bahkan hingga mengukur luasan lahan.

Ketiga. Diasumsikan aplikasi telah terpasang dan berjalan, maka untuk menentukan titik koordinat lahan, pilih ikon + di pojok kiri bawah dan selanjutnya pilih POI (manual), lalu ketuk lokasi lahan yang ingin diketahui. Jika ikon lokasi berwarna putih telah muncul, maka otomatis di bagian atas layar akan muncul keterangan longitude dan latitude. Keterangan inilah yang dimaksud dengan titik koordinat.

Keempat. Untuk mengetahui luas lahan, pilih ikon + di pojok kiri bawah dan selanjutnya pilih Area (manual). Selanjutnya ketuk layar beberapa kali sambil mengikuti bentuk lahan. Jika telah selesai, akan muncul keterangan luasan lahan di bagian atas layar.

Beberapa penyuluh di BPP Loka telah mencoba melaksanakan hal ini, dan menurut mereka hal ini semakin memudahkan dan sangat membantu dalam penyusunan RDKK untuk tahun 2022. Dan sebaiknya penyuluh daerah lain juga memanfaatkan aplikasi yang sangat berguna ini.

Di zaman digital atau yang biasa disebut Era 4.0 ini memang seolah memaksa individu untuk segera berbenah, mengembangkan dirinya agar sejalan dengan era tersebut. Jika tidak, maka sangat jelas akan ketinggalan zaman. Sehingga di antara penyuluh ada istilah yang makin populer belakangan ini, yaitu “Penyuluh Kolonial vs Penyuluh Milenial”. Istilah ini menggambarkan bahwa jika seorang penyuluh tidak ingin mengembangkan dirinya maka predikat ‘kolonial’ akan perlahan mereka peroleh dan demikian sebaliknya.

Penulis: Suhardi Baharuddin, SP. | PPL Ahli Pertama BPP Loka.

PENGUNJUNG

3422

HARI INI

64232

KEMARIN

37671298

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook