Gerbang Daerah
> >

SOSIALISASI KOSTRATANI DI KECAMATAN BANDAR LAKSAMANA DAN BUKIT BATU

Selasa, 24 Agu 2021
Sumber Gambar : Arsip BPP Bukit Batu

Bidang Penyuluhan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Bengkalis mengadakan pertemuan bulanan penyuluh. Rapat berkala penyuluh pertanian tersebut diadakan di Kantor Desa Parit 1 Api Api Kecamatan Bandar Laksamana. Pertemuan bulanan penyuluh dihadiri langsung oleh Kepala Bidang Penyuluhan. Susunan acara dimulai dari Pembukaan, Pembacaan Doa, Kata sambutan dan Penyampaian Materi dari Koordinator Penyuluh Tingkat Kabupaten Bengkalis.

Dalam pemaparan materi disampaikan bahwa Kementerian Pertanian mencanangkan Komando Strategis Pembangunan Pertanian di Kecamatan (Kostratani) sebagai gerakan pembaharuan pembangunan pertanian nasional berbasis teknologi informasi. Kementerian dengan motto Pertanian Maju, Mandiri, dan Modern ini menggulirkan Kostratani untuk menjamin terwujudnya sinergi dan kesatuan gerak pembangunan pertanian di setiap lini. Dengan demikian, gerak pembangunan pertanian pada setiap tingkatan pemerintahan dapat berlangsung harmonis. Perkembangan di lapangan dapat dimonitor dan diarahkan pusat melalui Agriculture War Room (AWR). Sebagai ujung tombak di tingkat lapangan diperankan oleh Kostratani yang berkedudukan di kecamatan. Melalui Kostratani, pemerintah mengoptimalisasi peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP). Sarana dan prasarananya juga ditingkatkan.Kapasitas penyuluh dan kelembagaan penyuluhan serta, kelembagaan  petani ditingkatkan dan diperkuat.

Masing-masing pimpinan daerah menjadi penanggung jawab program dalam memacu produksi, produktivitas dan gerakan pertanian di wilayah kerja masing masing. Kostratani komandannya adalah Camat, Kostrada adalah Bupati/Walikota, Kostrawil adalah Gubernur dan di tingkat nasional langsung diarahkan oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia. Di tingkat nasional, Menteri Pertanian memainkan peranannya memantau dan mengendalikan semua kegiatan pembangunan pertanian di daerah melalui perangkat digital dari daerah yang tersambung dengan AWR.

Kostratani memainkan lima peran strategis yaitu, sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis, pusat pengembangan jejaring kemitraan. Sebagai pusat data dan informasi bagi masyarakat, BPP Kostratani dapat memberikan informasi tentang potensi wilayah, teknologi pertanian juga informasi pasar.

Peran Balai Penyuluh Pertanian (BPP) sebagai garda terdepan dalam Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani) terus diperkuat. Salah satu yang diperkuat adalah peningkatan kapasitas penyuluh pertanian, dan kelembagaan Posluhdes dan penyelenggaraan penyuluhan pertanian. Penyuluh ditingkatkan kapasitasnya dalam menguasai teknologi yang bisa meningkatkan produktivitas. Sebagai ujung tombak pembangunan pertanian, keberadaan penyuluh sebagai sumber daya manusia dalam Kostratani sangat penting. Dengan penyuluh yang pintar dan kreatif memanfaatkan peluang pertanian, petani bisa berdaya dan sejahtera. Sebab kontribusi terbesar untuk mengungkit produktivitas pertanian ada pada sumberdaya manusia, termasuk SDM yang akan mengelola teknologi.

 

PENGUNJUNG

2350

HARI INI

64232

KEMARIN

37670226

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook