Gerbang Daerah
> >

PENYULUH PERTANIAN BERSAMA KELOMPOK TANI PINDAH TANAM BIBIT PADI

Selasa, 24 Agu 2021
Sumber Gambar : Arsip BPP Bukit Batu

Pada tanggal 30 Agustus 2021, sedang berlangsung kegiatan pindah tanam padi di Desa Buruk Bakul Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis. Aktifitas pertanian padi tersebut ditemui pada Kelompok Ni’mah yang berlokasi di Jalan Aki Mudo Dusun Putri Tujuh. Kelompok tani NI’mah baru saja mulai memindahkan semaian padi ke lahan tanam pada hamparan seluas 30 Ha. Tahun 2020 dilakukan pengukuran hasil panen di lokasi yang sama, mendapatkan ukuran ubinan padi 3,75 Ton/Ha. Tahun ini, kelompok tani memilih varietas padi yang berbeda dari tahun sebelumnya. Jika di tahun 2020, kelompok tani Ni’mah memilih benih padi PB 42, maka di tahun ini varietas yang ditanam umumnya adalah padi Anak Dara. Dengan berlangsungnya proses pindah tanam dari semaian padi, ada harapan ketersediaan beras di Kecamatan Bukit Batu semakin banyak, sehingga ketergantungan pada pasokan dari wilayah lain dapat dikurangi.

BPP Kecamatan Bukit Batu menerjunkan penyuluh pertanian ke sawah-sawah untuk mendampingi kegiatan pertanian dan memberikan arahan kepada para petani. Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) akan mengarahkan petani yang tergabung di kelompok tani agar senantiasa terkontrol dan terkoordinir. PPL wajib mengetahui perkembangan kegiatan para petani dalam menggarap sawah di wilayah binaannya. Selain itu memberikan pengarahan dan turut membantu sesuai dengan kemampuannya, agar bisa menghasilkan padi yang berkualitas terbaik.

“Penyuluh akan mendampingi kelompok tani padi, terjun langsung ke sawah membantu melaksanakan proses tahap demi tahap selama musim tanam. Penyuluh Pertanian saat ini mendampingi Kelompok Tani melakukan Budidaya Padi Masa Tanam Tahun 2021. Selain Proses Pindah tanam dari semaian ke lahan padi, dilakukan juga penyiraman air ke tanaman akibat kendala cuaca panas . Tetap semangat!” Tutup PPL Desa Buruk Bakul.

PENGUNJUNG

2608

HARI INI

64232

KEMARIN

37670484

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook