Materi Lokalita
SULAWESI SELATAN > >

Manfaat Buah Tamarillo (Chypomandra Betacasenat) dan Berbagai Olahannya

Selasa, 24 Agu 2021
Sumber Gambar : Internet

 

      Tamarillo (Chypomandra Betaceasenat) atau terong belanda merupakan salah satu jenis buah-buahan yang berasal dari keluarga Solanaceae atau terong. Buah terong belanda berasal dari kawasan Amazon, Amerika. Buah ini pertama kali diperkenalkan oleh Belanda pada zaman penjajahan di Indonesia. Terong belanda biasanya memiliki warna merah marun dan berbentuk seperti telur yang oval. Terong belanda juga memiliki aroma khas dibanding dengan buah-buahan lainnya. Daging buahnya banyak mengandung air,  memiliki rasa asam,  berwarna merah atau kuning jingga. Tanaman ini di budidayakan dengan cara monokultur maupun tumpang sari.  Komoditi ini memiliki prospek pasar untuk menyuplai kebutuhan hotel.  Tamarillo termasuk juga tanaman pekarangan yang di kembangkan sebagai welcome drink di Tana Toraja dan Toraja Utara. Komoditas ini  banyak disenangi oleh turis mancanegara serta domestik, karena banyak mengandung Vitamin.

Kandungan gizi per 100 gram terong belanda:

  • Air: 81-87 gram -  Vitamin A: 0,32-1,48 gram
  • Protein: 1,5-2,5 gram   -  Vitamin C: 19,7-57,8 gram
  • Lemak: 0,05-1,28 gram  -  Kalsium: 3,9-11,3 gram
  • Serat: 1,4-6 gram    -  Zat besi: 0,4-0,9 gram

     Terong belanda memiliki kulit luar yang pahit  namun  kandungan buah di dalamnya ternyata menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan. Berikut ini sejumlah khasiat terong belanda :

Ø Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat terong belanda yang cukup populer adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan vitamin B kompleks di dalam tamarillo berperan dalam mengatur metabolisme tubuh.

Ø Membantu mencegah obesitas

Pernyataan ini  berdasarkan penelitian yang dimuat dalam Journal of Obesity.

Para ahli dalam studi tersebut meneliti efek ekstrak tamarillo pada tikus gemuk yang diberi makanan tinggi lemak. Hasilnya, pengobatan tikus obesitas dengan ekstrak tamarillo menunjukkan potensinya dalam menjaga berat badan.

Ø Mengurangi risiko penyakit jantung

Terong belanda mengandung komposisi serat yang larut, antosianin, dan  karotenoid. Antosianin dan karotenoid adalah senyawa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan cara : menurunkan tekanan darah, mengurangi sitokin dan peradangan, serta meningkatkan sensitivitas insulin pada otot, hati, dan jaringan adiposa. 

Ø Sebagai anti oksidan :

Tamarillo memiliki kandungan unsur nutrient yang cukup seperti Vitamin A, B, C serta E, Mineral (terutama kalsium, besi serta phosfor).

Ø Mengatasi masalah pencernaan dan mengurangi sembelit karena tamarillo banyak mengandung serat

Ø Mencegah kanker :

Antioksidan yang terkandung dalam terong belanda antara lain pigme athocyanin, poplyphenolic, flavonoid dan asam klorogenat.  Antioksidan akan melindungi semua sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan infeksi radikal bebas. Jadi, kerusakan DNA tidak akan terjadi.

Ø Meningkatkan penglihatan  :

Buah ini adalah sumber karotenoid dan vitamin A yang bisa meningkatkan kemampuan penglihatan agar terus sehat, dan mencegah pengembangan katarak. 

Ø Merawat kesehatan kulit :

Kandungan vitamin di dalamnya dapat membuat kulit lebih sehat. Selain itu, kandungan flavonoid, fenol, juga anthocyanin di dalam buah terong belanda dapat mencegah kulit dari stress sehingga mengurangi penuaan dini

Tamarillo merupakan salah satu komoditas yang memiliki prospek usaha yang menjanjikan dengan nilai jual yang tinggi dan tidak terlalu sulit mencari target pasar.

Perkembangan kuliner di era globalisasi semakin meningkat termasuk jenis
makanan telah beragam dan bervariasi. Produk olahan Tamarillo untuk meningkatkan pangan lokal antara lain :

  • Jus Tamarillo
  • Dodol Tamarillo
  • Manisan Tamarillo
  • Pie Tamarillo (merupakan kue adonan pastry yg cukup popular)
  • Fruit Tart Tamarillo (dijadikan salah satu bahan kue karena bisa menambah kaya rasa kue)
  • Topping Yoghurt (Perpaduan dengan yoghurt akan memberikan rasa asam dan manis yang seimbang)
  • Pudding Tamarillo (Perpaduan rasa tamarillo dan bahan pudding lainnya akan menggugah selera)

 

Dikutip dari berbagai sumber internet 

Nety Parisa, SP,MSi

Penyuluh Pertanian Madya Dinas TPHBUN Prov. SulSel

PENGUNJUNG

3624

HARI INI

64232

KEMARIN

37671500

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook