Diseminasi Teknologi

BUDIDAYA UBI JALAR

Senin, 23 Agu 2021
Sumber Gambar : Koleksi Akhmad Ansyor
PENGOLAHAN TANAH UNTUK BUDIDAYA UBI JALAR Kondisi tanah yang cocok untuk budidaya ubi jalar adalah tanah lempung berpasir,gembur,banyak mengandung hara dan memiliki drain yang baik.   PENYIAPAN BIBIT UBI JALAR Pertama: adalah perbanyak melalui umbi dengan cara memilih ubi yang berkualitas baik dan sehat. Tunas yang keluar dari umbi di potong dan siap untuk dibesarkan  Kedua: adalah perbanyak vegetatif  dengan stek.

 

PENANAMAN UBI JALAR

Ubi jlar ditanam dengan cara membenamkan 2/3 stek batang kedalama tanah. Dalam satu bedengan terdapat sdalam dua baris tanaman  dan jaraknya 30-40 cm.

  

PEMELEHARAAN DAN PERAWATAN

Pada  umur 4 minggu setelah tanam, lakukan pembongkaran tanah di kiri dan kanan tananam. Hal ini dimaksud supaya akar tanaman tidak menjalar kemana-mana.

Pada umur 6-8 minggu setelah tanam, tanah yang di bongkar tadi kemudian dittup kembali sambil merapikan akar-akar yang menjalar keluar.

 

PEMANENAN

Pemanenan ubi jalar bisa dilakukan saat umur 3,5-4 bulan.  Umur tanaman atas 3 bulan . Umbi siap panen yang tiba-tiba tertimpa hujan deras biasanya akan membusuk. Apabila terjadi pada ubi jalar segera melakukan pemanenan ,maksimal 7 hari setelah hujan.

 
Penulis: Akhmad Ansyor, SP, M.Sc
Sumber Bacaan: Balai Penelitian Kacang dan Umbi-umbi 
Sumber Gambar: Koleksi Pribadi Akhmad Ansyor

PENGUNJUNG

45562

HARI INI

68073

KEMARIN

37480667

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook