Materi Penyuluhan

MENGENAL BEBERAPA JENIS DURIAN UNGGUL

Jum'at, 13 Agu 2021
Sumber Gambar : Google.com

Durian Bawor Jenis durian unggul yang cepat berbuah berasal dari Banyumas,  Ukuran yang cukup besar, daging yang tebal, dan rasa yang menggiurkan, menyerupai cita rasa dari durian montong. Keunggulan lainnya, durian bawor lebih cepat matang.

 

Sayangnya durian jenis ini memiliki ketahanan yang lebih rendah dari jenis durian lain, terhadap serangan hama atau penyakit. Sehingga dibutuhkan perawatan yang lebih teratur dan tepat, saat dibudidayakan.

 Durian Pelangi

Jenis durian unggul yang cepat berbuah selanjutnya berasal dari Manokwari, Papua Barat. Sesuai dengan namanya, durian yang satu ini memiliki keunikan warna pada daging buahnya.

 

Adanya gradasi warna antara putih, kuning dan merah pada daging buah durian pelangi. Keunggulan lainnya, memiliki cita rasa lezat, ukuran buah yang besar dan daging yang cukup tebal

 

Durian Petruk

Jenis durian unggul yang cepat berbuah berikutnya ialah durian petruk asal Jepara, Jawa Tengah. Durian yang satu ini sangat cocok ditanam di daerah dataran rendah. Kelebihan yang ditawarkan durian petruk, yaitu rasanya yang legit, lezat, manis dan sedikit pahit.

Selain itu, produktivitas pohonnya relatif tinggi, hampir sebanding dengan durian musang king. Namun diperlukan perawatan ekstra, karena lemah terhadap penyakit dan hama

Durian Musang King

Jenis durian unggulan yang cepat berbuah berikutnya ialah musang king. Ini merupakan jenis durian asal Malaysia yang banyak diminati di Indonesia. Memiliki ciri khas, bijinya bentuk pipih dan daging buah yang tebal. Sehingga memberi kepuasan tersendiri bagi pecinta durian.

 

Rasa durian musang king pun legit dan manis, meski ada sedikit sensasi pahit. Buahnya akan masak sempurna dengan cara diperam sekitar 2-4 hari. Uniknya lagi, daging durian musang king memiliki warna oranye mirip kunyit. Harganya pun tergolong mahal, untuk ukuran buah yang rata-rata 2 hingga 3 killogram, serta diameter rata-rata 20 cm.

 

 

 

Durian Montong

Jenis durian yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, yakni durian montong. Apalagi jenis durian ini termasuk cepat berbuah dan berukuran besar. Satu buahnya saja bisa mencapai sekitar 6 hingga 10 killogram.

 

Ditambah lagi dengan dagingnya yang cukup tebal dan rasa manis yang dominan. Tak heran banyak yang menyukai durian montong. Durian montong bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi atau hendak dibudidayakan.

 

Meski begitu, durian montong terbilang lebih lama dibanding jenis durian yang cepat berbuah lainnya. Meski begitu Anda tak akan menyesal tentunya, karena kelezatannya.

 

Durian Merah Banyuwangi

Durian merah Banyuwangi termasuk jenis durian yang cepat berbuah dan jarang dijumpai di Indonesia. Keunikan dari durian ini, memiliki warna daging buah berwarna merah pekat. Begitu berbeda dari jenis durian pada umumnya.

 

Ditambah lagi dengan daging buah yang tebal. Tentu menjadi prospek bisnis yang menjanjikan, karena belum banyak yang membudidayakannya. Harganya pun relatif mahal. Namun pastikan Anda berhati-hati terhadap bibit durian merah yang tidak asli dan banyak dijual bebas.

 

 

 

Sumber :

  1. https://balitbu.litbang.pertanian.go.id/index.php/publikasi-mainmenu-47/leaflet/1271-jenis-durian
  2. https://www.gatra.com/detail/news/509055/ekonomi/23-jenis-durian-lokal-unggulan-indonesia-ada-di-kebun-ump/
  3. https://www.gatra.com/detail/news/509055/ekonomi/23-jenis-durian-lokal-unggulan-indonesia-ada-di-kebun-ump
  4. http://technology-indonesia.com/pertanian-dan-pangan/inovasi-pertanian/konservasi-sdg-dan-pengembangan-buah-tropika/

 

Penulis  :   Iman Priyadi, SP (Penyuluh Pertanian Balai Besar pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian) email : imanpriyadi@yahoo.co.id     

 

 

 

 

PENGUNJUNG

41786

HARI INI

68073

KEMARIN

37476891

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook