Materi Penyuluhan

Bertani Porang cukup Menjanjikan

Senin, 09 Agu 2021
Sumber Gambar : https://bisnisukm.com/nilai-ekonomis-dan-budidaya-tanaman-porang.html

Tanaman porang mulai menjadi primadona bagi para petani. Tak cuma punya nilai jual tinggi, belakangan ini, popularitas tanaman porang semakin menanjak setelah mulai banyak yang mengetahui manfaat serta harga jual yang tinggi di pasar ekspor.

Porang adalah jenis tanaman yang masuk dalam klasifikasi umbi-umbian dengan nama marga Amorphophallus. Bentuk pohon porang berupa batang tunggal dan semu yang diameternya antara 5 mm hingga 50 mm.

Kegunaan porang lebih banyak dikenal untuk bahan makanan seperti tepung, konnyaku, jelly, mie, gelatin dan keripik. Namun tidak hanya itu, porang ternyata juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan antara lain a. Mencegah Penyakit Diabetes, karena glukomanan dapat menurunkan kadar gula dalam darah yang terlalu berlebihan ; b. Mengatasi Peradangan, karena umbi tanaman porang mengandung zat anti-inflamasi; c. Menurunkan Berat Badan karena kandungan karbohidratnya mampu memenuhi kebutuhan tubuh dan membuat kenyang dalam waktu yang lebih lama; d. Mencegah Penyakit Jantung, selain itu, porang juga berkhasiat melancarkan peredaran darah sekaligus mengusir kadar kolesterol jahat dalam tubuh,  sirkulasi darah akan lancar; e. Merawat Kesehatan Kulit, permasalahan jerawat juga bisa diatasi berkat kandungan umbi tanaman porang yang mampu memerangi bakteri penyebab jerawat; f.Menurunkan Risiko Kanker Usus karena porang juga mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga juga mencegah sembelit; g.Menjernihkan Air, porang bisa dijadikan solusi sebagai bahan penjernih alami. Kandungan glukomanan pada tanaman porang ampuh membersihkan air dan menjadikannya jernih kembali; h.Menjadi Bahan Baku Barang Industri, karena kandungan dalam umbi porang bisa dijadikan sebagai bahan perekat kertas dan lem, pembuatan kertasnya, bahan campuran untuk cat dinding, kain katun, pengkilap kain, kain wol, kapsul, parasut dan berbagai bahan imitasi; i. Mengentalkan Es Krim, glukomanan diubah menjadi tepung konjac sering digunakan sebagai bahan pengental makanan dan minuman, salah satunya adalah es krim. Porang dijamin aman karena tidak mengandung bahan pengawet; j. Membuat Isolator Listrik karena tanaman porang berguna untuk membuat gel silicon. Bahan tersebut merupakan alternatif terbaik untuk isolator listrik; k. Porang Tanaman Ekspor yang cukup menjanjikan. Beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor antara lain Jepang, Vietnam, China, Taiwan dan Australia. Mereka memanfaatkan kandungan porang untuk pembuatan bahan makanan dan kosmetik.

Tanaman porang termasuk tanaman yang suka naungan (di sela-sela dan di bawah pepohonan atau tumbuhan lain) tumbuh bagus, di bawah matahari langsung juga bagus, sehingga bisa dibudidayakan secara monokutur.  Tidak disarankan porang dijadikan tanaman tumpang sari. Sebab, dikhawatirkan akan terjadi rebutan nutrisi antara tanaman utama dan Tanaman ini akan tumbuh subur pada ketinggian antara 100 hingga 600 mdpl.  Tanaman ini biasa dijumpai pada hutan jati, tepi hutan, daerah yang penuh belukar, hutan desa bahkan pekarangan rumah yang banyak ditumbuhi tanaman liar.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan budidaya tanaman porang yaitu:a.Tanah harus diolah agar tidak keras dan gembur, agar kelak memudahkan umbi porang tumbuh berkembang dengan baik, bentuknyapun juga membulat.besar. kalau porang ditanam di tanah keras, umbinya akan tumbuh memanjang ke atas seperti ubi kayu; b.Ditanam kedalamam 10-15 cm, kalau terlalu dalam kurang bagus; c. Jarak tanam jangan terlalu rapat agar umbi bisa leluasa tumbuh besar; d. Perlu dipupuk dan yang baik kalau menggunakan pupuk kandang.dan pupuk NPK. agar tanah subur, secara fisika, kimia dan biologisnya; e. Masa tanam porang umumnya dilakukan saat periode musim kemarau hingga awal musim hujan; f.Penyiangan diperlukan untuk bisa mendapatkan hasil panen lebih  baik, karena gulma ada yang bisa menembus umbi, seperti contohnya alang alang; g.Penyemprotan pestisidaatau pemberian fungisida  tidak harus dilakukan keciuali kalau ada serangan jamur atau porang terinfeksi; h. Panen porangsetelah 6 bulan atau sehabis periode musim kemarau berakhir. Namun kalau tidak sempat panen tidak masalah meskipun tanaman akan layu, namun kalau tetap dirawat porang  bisa tahan sampai 3 tahun, sehingga umbinya semakin besar. Yulia T S.

yuliatrisedyowati@gmail.com

 

Pustaka:

  1. Ellyvon Pranita, judul "7 Cara Menanam Porang dari Tanah hingga Panen agar Hasil Berkualitas",
  2. https://app.cnnindonesia.com/
  3. https://petanidigital.id/porang/
PENGUNJUNG

44026

HARI INI

68073

KEMARIN

37479131

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook