Gerbang Daerah
> >

PETANI DESA WOTANNGARE KECAMATAN KALITIDU TETAP SEMANGAT MENANAM GUNA MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN NASIONAL

Kamis, 29 Jul 2021
Sumber Gambar : DOKUMEN BPP

Desa Wotanngare yang berada di wilayah Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro terbagi atas tiga Kelompok Tani yaitu Kelompok Tani Karya Tani 01, Karya Tani 02 dan Karya Tani 03 dengan total luas lahan 238 Ha. Total luas tersebut terbagi dalam dua jenis lahan yaitu sawah dan tegal. Luas sawah di desa Wotanngare 195 ha terdiri atas 163 ha sawah irigasi non teknis dan 32 ha sawah tadah hujan. Sedangkan tegalnya seluas 43 ha. Perbedaan jenis lahan tersebut berpengaruh terhadap pola tanam dalam satu tahun. Secara umum, pola tanam yang biasa dilakukan adalah Padi-Padi-Palawija/Bera untuk lahan sawah non irigasi dan tegal. Pada lahan irigasi non teknis, sebagian besar menerapkan pola tanam Padi-Padi-Padi dengan alasan tercukupinya kebutuhan air.
Satu tahun berlalu dalam keadaam pandemi covid-19 merupakan masa yang sulit bagi masyarakat tidak terkecuali petani desa Wotanngare Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Ditambah lagi dengan beberapa kendala dan hambatan seperti berkurangnya kuota pupuk bersubsidi, adanya serangan OPT sampai pada harga jual yang murah. Keadaan tersebut mengakibatkan pendapatan petani menurun bahkan tidak sebanding dengan biaya garap yang dikeluarkan.
Meskipun demikan, keadaan tersebut tidak menyurutkan minat dan semangat petani desa Wotanngare untuk terus menanam terutama tanaman pangan. Memasuki musim kemarau tepatnya pada bulan Juli tahun 2021 ini petani yang memiliki sawah irigasi tetap memilih bertanam padi sedangkan petani yang lahannya merupakan lahan non irigasi dan tegal memilih untuk bertanam palawija seperti jagung, kacang hijau dan kacang tanah. Usaha tersebut merupakan salah satu upaya guna memenuhi kebutuhan pangan keluarga pada khususnya yang berimbas untuk mendukung ketahanan pangan nasional.
Ye Firma Yani Yuanisa, S.Pt – PPL Kec. Kalitidu

PENGUNJUNG

24968

HARI INI

89943

KEMARIN

35573434

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook