Diseminasi Teknologi

Pengenalan Potensi Kacang Tanah Varietas Talam 1 Adaptif Pada Lahan masam dan Toleran terhadap Aspergillus flavus

Rabu, 28 Jul 2021
Sumber Gambar : Koleksi pribadi

Kacang tanah merupakan salah satu jenis tanaman palawija, yang tergolong dalam family Leguminoceae sub-famili Papilionoideae, genus Arachis dan Hypogea. Sebagai tanaman pangan, kacang tanah menduduki peringkat ketiga setelah padi dan kedelai. Sedangkan dalam komoditas kacang-kacangan, kacang tanah menduduki peringkat kedua setelah kedelai.

Untuk memenuhi kebutuhan kacang tanah dalam negeri saat ini pemerintah masih melakukan import dari negara lain. Berdasarkan data dari Ditjen Tanaman pangan ada selisih yang sangat tinggi antara impor dengan ekspor, nilai ekspor lebih sedikit dibandingkan nilai impor mencapai 9.520.263 kg. Dengan melihat data tersebut maka masih besar  peluang bisnis  bagi yang ingin terjun dalam bisnis kacang tanah.

Oleh karena itu Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) menghasilkan teknologi unggul varietas tanaman kacang yaitu Kacang Tanah Varietas Talam 1.

Varietas ini merupakan hasil persilangan antara varietas Jerapah dengan galur ICGV 91283, berumur genjah, dapat dipanen pada umum 90 hari. Selain itu varietas ini memiliki keunggulan potensi hasil mencapai 3,2 ton per hektar, kadar protein 26,3%, lemak 45,4%, tahan penyakit layu bakteri, agak tahan karat daun, dan tahan A. flavus.  Pengembangan varietas Talam 1 diharapkan dapat mendukung upaya peningkatan produksi nasional dan agribisnis kacang tanah.

 

Disusun Oleh  : Edwin Herdiansyah SP

Sumber           : Balitbangtan

PENGUNJUNG

61695

HARI INI

74088

KEMARIN

35208509

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook