Materi Penyuluhan

MENGENAL SPESIES MONTAJI AGRIHORTI, LEMON TANPA BIJI KAYA VITAMIN

Kamis, 22 Jul 2021
Sumber Gambar : google.com

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sedang naik daun saat ini. Penyebabnya, vitamin ini dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga lebih tahan dalam menghadapi berbagai risiko penyakit. Diantara sumber vitamin C alami yang banyak dikenal adalah buah jeruk.. Buah jeruk memiliki berbagai macam jenis ukuran yaitu, kecil, sedang, hingga besar. Jeruk memiliki rasa yang asam namun ada juga yang manis.

Buah ini memiliki kadar air yang cukup banyak pada bulir-bulirnya. Saat menikmati jeruk, akan terasa bulir-bulir jeruk yang pecah dan menghasilkan air yang cukup banyak.

Tipe jeruk Montaji Agrihorti ini dapat tumbuh baik di media tumbuh terbatas seperti pot sebagai tabulampot atau di lapang. Sebagai tanaman tambulampot dia rajin berbuah sepanjang tahun dengan produksi 8-13 kg/pohon/pot. Keunggulan buah ini adalah kulitnya yang tipis serta kandungan jus tinggi. Ciri lain dari buah ini adalah tanpa biji atau seedless.

Jeruk Lemon Montaji Agrihorti memiliki ini kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan.  Manfaat lemon sendiri dapat membantu menurunkan berat badan, antibodi, menyegarkan nafas, melancarkan pencernaan dan lainnya.

Antioksidan dalam vitamin C berfungsi untuk membantu mencegah kerusakan sel akibat molekul radikal bebas. Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah-buahan salah satunya jeruk dapat memberikan perlindungan lebih tinggi terhadap bahaya kanker.

Lemon ini dapat tumbuh dengan baik di berbagai media tanam seperti pot sebagai tabulampot atau di lapang. Sebagai tanaman tambulampot dia rajin berbuah sepanjang tahun dengan produksi 8-13 kg/pohon/pot.

 

Keunggulan Jeruk Lemon Montaji Agrihorti

Montaji agrihorti mempunyai keunggulan kulitnya yang tipis serta kandungan jus tinggi, tanpa biji atau seedless. Jeruk Lemon memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan.  Manfaat lemon sendiri dapat membantu menurunkan berat badan, antibodi, menyegarkan nafas, melancarkan pencernaan dan lainnya.

 

Antioksidan dalam vitamin C berfungsi untuk membantu mencegah kerusakan sel akibat molekul radikal bebas. Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah-buahan salah satunya jeruk dapat memberikan perlindungan lebih tinggi terhadap bahaya kanker.

 

Berbagai manfaat dari jeruk lemon menjadikan orang ingin membudidayakannya, baik sebagai tanaman lahan maupun pekarangan. Di beberapa daerah sudah banyak yang mengembangkannya. Jeruk lemon juga termasuk dalam jenis jeruk fungsional, dimana jeruk tersebut memiliki manfaat lain seperti untuk bahan biofarmaka.

 

Montaji Agrihorti dapat tumbuh baik di media tumbuh terbatas seperti pot sebagai tabulampot atau di lapang. Sebagai tanaman tambulampot dia rajin berbuah sepanjang tahun dengan produksi 8-13 kg/pohon/pot. Keunggulan buah ini adalah kulitnya yang tipis serta kandungan jus tinggi. Ciri lain dari buah ini adalah tanpa biji atau seedless

 

Kandungan Jeruk Lemon Montaji Agrihorti

Jeruk Lemon Montaji Agrihorti memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, selain itu juga terkandung asam sitrat, asam folat, vitamin B1, B2, B3, B5 dan senyawa mineral lain yang bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat lemon sendiri dapat membantu menurunkan berat badan, antibodi, menyegarkan nafas, melancarkan pencernaan dan lainnya.

 

Antioksidan dalam vitamin C berfungsi untuk membantu mencegah kerusakan sel akibat molekul radikal bebas. Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah-buahan salah satunya jeruk dapat memberikan perlindungan lebih tinggi terhadap bahaya kanker

 

 

 

 

Sumber :

  1. https://new.litbang.pertanian.go.id/info-teknologi/3329/
  2. http://balitjestro.litbang.pertanian.go.id/kementan-rilis-lemon-tanpa-biji-montaji-agrihorti/
  3. https://www.kompasiana.com/warkasa46919/5b609ae95e13732056592e17/mitos-dan-fakta-tentang-bunga-wijayakusumhttp://technology-indonesia.com/pertanian-dan-pangan/inovasi-pertanian/montaji-agrihorti-lemon-tanpa-biji-kaya-vitamin/

 

Penulis  :   Iman Priyadi, SP (Penyuluh Pertanian Balai Besar pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian) email : imanpriyadi@yahoo.co.id         

PENGUNJUNG

62350

HARI INI

74088

KEMARIN

35209164

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook