Materi Lokalita
BALI > KABUPATEN TABANAN > MARGA

Tanaman Hias Lidah Mertua (sansevieria)

Rabu, 21 Jul 2021
Sumber Gambar : Dokumen Kuspianto

Tanaman lidah mertua (Sansevieria) berasal dari berbagai daerah seperti: Afrika, Afrika Selatan, Arab, India dan Indonesia. Di Indonesia sekarang lebih dikenal dengan sebutan lidah mertua sebuah pengartian dari bahasa inggris.

Tanaman ini memiliki berbagai jenis,  ada yang tumbuh secara memanjang ke atas dengan ukuran sekitar 50-75 cm, ada yang memiliki daun yang pendek, melingkar dengan panjang sekitar 8 cm serta lebar 3-6 cm. Lidah mertua yang memiliki daun yang panjang terbagi menjadi adalah daun panjang, lebar, meruncing pada ujung daun dan daun panjang, lurus, meruncing. Habitat lidah mertua di tanah yang banyak air dan pencahayaan matahari yang cukup membuat pertumbuhan tanaman ini semakin bagus.

Morfologi Tanaman Lidah Mertua:

1). Akar, akar dari tanaman lidah mertua yaitu serabut yang dapat menjalar dibawah tanah atau diatas tanah, akar tumbuh secara horizontal dan memiliki warna yang putih gading serta memiliki ketinggian mencapai 0,4-1,8 meter. Tergantung dari jenis dan spesies lidah mertua tesebut. Jenis tanaman rimpang ini masuk dalam golongan monokotil karena tidak memiliki batang berkayu, berbiji tunggal dll.

2). Daun,  daun lidah mertua ada garis yang menyempit pada pangkal dengan bagian ujung daun meruncing. Kandungan pada daunnya memiliki serat yang mempunyai sifat kenyal dan keras. Disebut sebagai browstringhemp , sering dimanfaatkan dalam pembutan kain.Bukan hanya itu tanaman lidah mertua mempunyai daun yang tebal, memiliki kandungan air sekulen yang banyak sehingga tanaman dapat bertahan pada musim kemarau.Corak pada jenis daun lidah mertua adalah corak garis-garis pada helaian daun, corak mengikuti arah serat daun, dan corak yang tidak beraturan atau zig-zag yang terdapat pada daun.Bagian terpenting dalam tanaman ini untuk kesehatan yaitu daunnya, bersifat sejuk, khasiat sebagai antibiotik dengan senyawa – senyawa yang ada pada daun meliputi alkaloids, anthocyanins, carbohydrate, flavonoids, glycosides, phenol, phytosterol, protein, sapogenin, saponins, tannins dan terpenoids.Spesies tanaman lidah mertua diyakini oleh para pakar kesehatan dapat membersihkan toksin serta membuat udara bersih dari polusi radikal bebas yang sangat berbahaya apabila dihirum secara terus-menerus menimbulkan penyakit serius.

3). Bunga, pertumbuhan bunga lidah mertua secara tegak dari pangkal batang. Warnanya putih kehijauan dan panjang 6-8 mm, benang sari berjumlah 6 dan pada tangkai putik memiliki kepala berbentuk bulat dan rata.

4). Buah, bakal buah tanaman lidah mertua mempunyai bentuk telur memanjang serta tiap ruangnya terdapat biji. Dalam satu bunga dapat menghasilkan buah biji sekitar 1-3 buah, bentuknya mirip bulat peluru, jenis biji berkeping tungal.

Lidah mertua tak hanya cantik dan menarik sebagai tanaman hias, namun juga tidak mudah mati dan gampang perawatannya. Cara merawat tanaman lidah mertua:

  1. Tempatkan di pot dengan drainase yang baik, dalam hal menanam dan merawat tanaman lidah mertua, jenis pot yang digunakan sangatlah penting. Lidah mertua tidak tahan terhadap tanah yang terlalu jenuh, jadi pot dengan drainase yang baik.
  2. Tempatkan di bawah sinar matahari tidak langsung jika memungkinkan. Lidah mertua lebih menyukai sinar matahari tidak langsung dari jendela yang menghadap ke selatan atau timur, lidah mertua sangat mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi cahaya di dalam rumah, termasuk area dengan cahaya redup. Di mana terlalu sedikit cahaya biasanya menjadi masalah dengan beberapa tanaman hias yang sulit tumbuh, tanaman lidah mertua cenderung tumbuh subur di tempat-tempat itu.
  3. Jangan terlalu sering disiram. Perhatikan media tanammnya, begitu kelihatan mengering baru disiram secukupnya. Umumnya dilakukan penyiraman seminggu sekali.
  4. Lakukan pemupukan sebulan sekali, dan sebaiknya menggunakan pupuk cair, sebab tanaman lidah mertua ini tidak emembutuhkan pupuk yang berat.
  5. Pangkas secara berkala untuk menumbuhkan tanaman baru.

 

Di Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali, tanaman lidah mertua sangat mudah sekali ditemukan biasanya  di tanan di pot. Selain itu, banyak pula  yang  ditanam langsung dihalaman rumah dalam bentuk pagar keliling untuk membatasi khusus areal  tanaman hias di pekarangan rumah. Sejauh ini masyarakat di Kecamatan Marga belum banyak yang tahu manfaat tanaman lidah mertua sebagai tanaman indoor.

Pada kesempatan ini kami akan informasikan manfaat tanaman lidah mertua di pot sebagai tanaman indoor.

  • Menyerap Polutan, dari penelitian yang dilakukan NASAClean Air Study tahun 1989, tanaman Lidah Mertua secara efektif dapat menghilangkan polutan (seperti formaldehyde, xylene, toluene, dan nitrogen oxides). Lidah Mertua bekerja membersihkan udara dengan cara menyerap racun melalui daun-nya dan memproduksi oksigen.
  • Mengurangi Sick Building Syndrome, Sick Building Syndromeadalah keadaan dimana ruangan yang ditempati oleh orang-orang memiliki kandungan karbon dioksida (CO2), nikotin, dan efek penggunaan AC yang tinggi. Dengan menempatkan Lidah Mertua di ruangan, zat-zat yang tidak bermanfaat yang merugikan kesehatan kita, dapat dikurangi.
  • Menetralkan Racun Nikotin, lidah mertua mampu memproduksi oksigen dalam jumlah tinggi sehingga asap tembakau yang mengandung racun nikotin dapat dinetralisir.
  • Menyerap Radiasi, radiasi dari peralatan elektronik seperti televisi, komputer, dan handphone bisa diserap.
  • Sebagai Dekorasi Ruangan, satu atau dua pot tanaman lidah mertua di ruang tamu akan menampilkan ruangan tamu menjadi menarik dipandang mata.
    Coba deh Mama intip instagram. Akun-akun Instagram banyak menampilkan ruangan yang cantik dengan penampilan Lidah Mertua di sana. Seketika, ruangan terasa berbeda dengan kehadiran Lidah Mertua.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tanaman lidah mertua sebagai tanaman indoor.   Terimakasih telah membaca artikel  ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

(Sumber: Diambil dari berbagai sumber)

(I Nyoman Kuspianto,SP.  BPP Marga, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali).

PENGUNJUNG

3646

HARI INI

44467

KEMARIN

32356204

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook