Materi Penyuluhan

PENGEMBANGAN SIMLUHTAN BERBASIS ANDROID

Minggu, 18 Jul 2021
Sumber Gambar :

Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dipergunakan sebagai pengelola sumber daya perangkat keras, baik untuk ponsel, smartphone dan juga PC tablet, dengan beberapa keunggulan, antara lain; Sistem operasi Android bersifat multitasking, yang berguna untuk menjalankan berbagai aplikasi secara mudah, serta dapat menelusuri apps Android yang diinginkan, Aplikasi untuk sistem Android juga dikembangkan secara up to date, sehingga setiap waktu akan muncul berbagai program dengan teknologi baru yang luar biasa fitur-fiturnya.

 Sistem informasi penyuluhan pertanian (SIMLUHTAN) yang menyajikan database kelembagaan penyuluhan pertanian, ketenagaan penyuluhan pertanian dan kelembagaan petani/KEP berbasis web (online), dengan tujuan menyediakan database Kelembagaan Penyuluhan Pertanian, Ketenagaan Penyuluhan Pertanian, dan Kelembagaan Petani/Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) serta mempercepat arus database tersebut mulai dari Kecamatan sampai dengan Pusat.

 Seiring dengan perkembangan zaman di era digital 4.0 aplikasi SIMLUHTAN yang berbasis web kini dapat digunakan pada handphone berbasis android. SIMLUHTAN berbasis android ini aplikasinya dapat di download di playstore dengan kata kunci SIMLUHTAN. Selanjutnya login aplikasi SIMLUHTAN berbasis android ini sama dengan login SIMLUHTAN berbasis web dengan akun yang dimiliki admin propinsi/kabupaten/kota, bagi yang tidak memiliki akses dapat login dengan menggunakan password dan username guest.

 Dengan adanya penggunaan aplikasi berbasis android ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat admin propinsi/kabupaten/kota dalam melakukan penginputan, perbaikan, penambahan data penyuluhan pertanian, cukup dengan menggunakan sarana Handphone (HP) yang memadai kapasitasnya, tidak perlu menggunakan laptop pada saat dilapangan.

 Fitur yang ada pada SIMLUHTAN versi android ini diantaranya filter duplikasi NIK (Nomor Induk Kependudukan), filter NIK salah format, rekap Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), rekap kelompoktani, rekap gapoktan, rekap KEP, rekap Pos Penyuluhan Desa/Kelurahan (Posluhdes), rekap Gabungan Kelompoktani (Gapoktan) bersama, list bpp, list Kelompoktani (Poktan), list gapoktan, list KEP, list posluhdes, list gapoktan bersama, list petani anggota poktan. Penginputan, penambahan dan perbaikan data petani  dengan menggunakan HP diharapkan sesegera mungkin, sehingga data petani di SIMLUHTAN merupakan data yang selalu ter cepat dan tepat waktu (jk/hyv)

PENGUNJUNG

4151

HARI INI

44467

KEMARIN

32356709

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook