Materi Penyuluhan

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BIDANG PERTANIAN DALAM KONTEKS PENYULUHAN PERTANIAN

Jum'at, 09 Jul 2021
Sumber Gambar :

Di era globalisasi seperti sekarang ini setiap Negara agar menjadikan kondisi kehidupan ekonominya menjadi semakin efektif, efisien, dan kompetitif salah satunya dalam bidang pertanian. Oleh karena itu, pemberdayaan masyarakat bidang pertanian sangat penting dalam upaya fasilitasi yang bersifat non instruktif untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kemampuan masyarakat agar mampu mengidentifikasi masalah, merencanakan dan melakukan pemecahannya dengan memanfaatkan potensi setempat dan fasilitas yang ada. Tujuan pemberdayaan masyarakat tersebut dalam konteks penyuluhan pertanian yaitu terwujudnya suatu perubahan sosial menjadi masyarakat yang lebih mandiri, memiliki kekuatan juga pengetahuan, kesadaran, sikap dan kemampuan untuk secara internal dapat memenuhi kebutuhan hidup semakin baik. Penyuluh Pertanian adalah proses pendidikan non

formal bagi petani nelayan beserta keluarganya agar berkemampuan meningkatkan produksi dan produktivitas usaha tani, produktivitas kerja serta kemandirian dalam usaha tani yang berkelanjutan sehingga akan meningkatkan kesejahteraan petani nelayan beserta keluarganya yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas hidupnya.

Penyuluh Pertanian bertujan untuk merubah perilaku para petani menjadi petani yang berperilaku profesional dalam berusaha tani sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga dalam masyarakatnya. Penyuluh pertanian diharapkan memiliki 4 kompetensi, yaitu keterampilan teknologi informasi dan komunikasi, keterampilan belajar dan keinovatifan, keterampilan hidup dan karier serta kemampuan berkomunikasi yang efektif.

Kostratani berperan aktif dalam menciptakan pertanian yang maju, mandiri dan modern. Kostratani yang maju ditandai dengan adanya akses IT yang inovatif, realtime, adaptif proaktif dan antisipatif. Mandiri ditandai dengan menguatnya daya saring, saing, sanding dan adaptasi antisipatif. Modern ditandai dengan media informasi yang aktual, kreatif, kemampuan karir yang baik dan kemampuan komunikasi yang efektif. PPL harus inovatif, mengajak kembali masyarakat lewat kelompoktani/Gapoktan dan memberikan semangat untuk membuat lagi kegiatan-kegiatan pertanian.

Kostratani diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam pemberdayaan petani dengan memperkuat fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), dengan strategi utama pemberdayaan agar tetap prduktif dan mandiri yaitu dengan memperkuat human capital dan social capital menuju kemandirian dalam pengelolaan economic/technological capital dan natural capital secara optimal, serta memperkuat sinergi kerjasama melalui jaringan komunikasi digital forum media. Jk.

PENGUNJUNG

3633

HARI INI

64232

KEMARIN

37671509

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook