Materi Penyuluhan

KANDUNGAN DAN MANFAAT DAUN PEPAYA

Kamis, 01 Jul 2021
Sumber Gambar : Google.com

Tak hanya buahnya,  kandungan daun pepaya juga memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan. Daun buah tropis ini kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Daun pepaya mengandung antioksidan yang dapat melawan peradangan, penyakit, dan menghambat penuaan sehingga Anda bisa terlihat tetap awet muda.

Untuk mendapatkan manfaat kandungan daun pepaya, daun ini dapat dimasak dan dinikmati menjadi sayuran dan juga bisa dijus. Olah daun pepaya dengan baik dan dapat dicampur dengan bahan lain agar tidak terlalu pahit.
Daun pepaya juga mengandung senyawa alkaloid kuat yang dapat bekerja melawan ketombe dan kebotakan. Daun ini juga kaya akan vitamin A, C, E, K, dan B  serta sejumlah mineral seperti kalsium, magnesium, dan zat besi

Daun pepaya mengandung enzim papain dan chymopapain yang dapat memecah rantai protein keras seperti pada daging merah. Selain bisa dipakai sebagai trik untuk mengempukkan daging, enzim yang terkandung dalam daun pepaya ini juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah perut kembung.

Daun pepaya pun diketahui memiliki sejuta manfaat yang tak terduga bagi tubuh. Kandungan daun pepaya tersebut diklaim dapat mencegah hingga menyembuhkan berbagai gangguan kesehatan. Daun pepaya tersebut bekerja dengan berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Tak heran, banyak yang menyajikan daun pepaya sebagai pendamping makanan utama agar lebih menyehatkan.


Kandungan Gizi

Daun pepaya memiliki kandungan gizi yang cukup beragam diantaranya vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram, vitamin C 140 miligram per 100 gram daun pepaya, kalori 79 kal per 100 gram, protein 8,0 gram per 100 gram, lemak 2,0 gram per 100 gram, hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram per 100 gram, kalsium 353 miligram per 100 gram, dan air 75,4 gram per 100 gram. Daun pepaya juga mengandung carposide yang dapat berfungsi sebagai obat cacing. Daun pepaya mengandung zat papain yang tinggi sehingga menjadikan rasanya pahit, namun zat ini justru bersifat stomakik yaitu dapat meningkatkan nafsu makan.

 

Berikut beberpa manfaat kandungan daun papaya :

 

  1. Dapat Mengobati Gejala Demam Berdarah

Salah satu khasiat paling menonjol dari daun pepaya adalah potensinya untuk mengobati gejala tertentu yang berhubungan dengan demam berdarah.

Demam berdarah merupakan virus yang ditularkan oleh nyamuk yang dapat ditularkan ke manusia dan menyebabkan gejala mirip flu, seperti demam, kelelahan, sakit kepala, mual, muntah, dan ruam kulit.Kasus yang parah juga dapat menyebabkan penurunan kadar trombosit dalam darah. Kadar trombosit yang rendah dapat berkontribusi pada peningkatan risiko perdarahan dan berpotensi fatal jika tidak ditangani.

  1. Mengontrol Darah Tinggi

Daun pepaya sering digunakan dalam pengobatan tradisional Meksiko sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan mengontrol darah tinggi.Studi pada tikus telah menemukan ekstrak daun pepaya memiliki efek antioksidan dan penurun darah tinggi. Hal ini dikaitkan dengan kemampuan daun pepaya untuk melindungi sel penghasil insulin di pankreas dari kerusakan dan kematian dini.

  1. Atasi Gejala Pencernaan

Teh dan ekstrak daun pepaya kerap digunakan sebagai terapi alternatif untuk meredakan gejala pencernaan seperti gas, kembung, dan mulas. Daun pepaya mengandung serat - nutrisi yang mendukung fungsi pencernaan yang sehat - dan senyawa unik yang disebut papain.

Papain terkenal karena kemampuannya memecah protein besar menjadi protein dan asam amino yang lebih kecil dan mudah dicerna. Itu bahkan digunakan sebagai pelunak daging dalam praktik kuliner. Satu studi menemukan bahwa penggunaan tambahan bubuk papain yang bersumber dari buah pepaya mengurangi gejala pencernaan negatif, termasuk sembelit dan mulas, pada orang dengan sindrom iritasi usus besar.

Sumber :

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Daun_pepaya
  2. https://www.merdeka.com/trending/kandungan-daun-pepaya-yang-bermanfaat-bagi-kesehatan-wajib-tahu-kln.html
  3. https://kesehatan.kontan.co.id/news/9-manfaat-daun-pepaya-untuk-kesehatan-yang-jarang-diketahui

 

 

Penulis  :   Iman Priyadi, SP (Penyuluh Pertanian Balai Besar pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian) email : imanpriyadi@yahoo.co.id

PENGUNJUNG

42705

HARI INI

68073

KEMARIN

37477810

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook