Diseminasi Teknologi

PENTINGNYA PEMOTONGAN KUKU UNTUK KESEHATAN TERNAK

Kamis, 24 Jun 2021
Sumber Gambar : Ilmu peternakan dan Pertanaian datapeternakan.blogspot.com

Kuku sapi merupakan bagian tubuh yang sangat penting karena dipergunakan untuk menopang berat badan, untuk berjalan dan lain- lain. Apabila kuku dalam keadaan sakit, maka akan mengganggu pergerakan sapi dan akhirnya dapat menurunkan produksi dan produktivitas sapi  itu sendiri. Perawatan kuku pada ternak sapi  sangat perlu dilakukan terutama pada sapi yang terus menerus dipelihara di dalam kandang atau yang kurang exercise.  Sapi-sapi yang teratur digembalakan, kukunya akan lebih sehat dibandingkan dengan sapi yang tidak pernah digembalakan.   Sapi  yang kurang gerak menyebabkan kuku tumbuh membengkok atau melebar ke atas. Manfaat dari pemotongan kuku itu sendiri adalah : Mengembalika bentuk kuku ke bentuk semula menjadi rapih da kuku dan kuku menjadi saling tidak simpang tindih. Mengembalikan bentuk kuku ke bentuk semula menjadi rapi dan kuku menjadi tidak saling timpa tindih, meghindarkan ternak berjalan pincang, membersihkan kotoran yang menyelip pada celah celah kuku yang dapat mengakibatkan kuku menjadi busuk akibat adanya bakteri, memudahkan handeling ternak, menghindarkan ternak menjadi kurang aktif karena kesakitan.

Sebaiknya pemotongan kuku dilakukan secara rutin setiap 3 bulan sekali, untuk menjga ternak tetep bersih dan sehat,  Cara pemotongan kuku sapi adalah sebagai berikut : Kuku dipotong dengan alat pemotong melingkar sekeliling kuku dari belahan kuku depan mengarah ke belakang. Pemotongan tidak boleh melewati garis putih (white line) kuku karena akan banyak pembuluh darah dan syaraf yang dilukai sehingga dapat menimbulkan pendarahan, Pemotongan kuku cukup dengan menghilangkan bagian- bagian yang abnormal saja,Setelah dipotong bagian- bagian kuku tersebut di kikir agar lebih halus dan indah, selanjutnya diolesi dengan iodium tincture atau formaldehyde.untuk lebih jelasnya Alat dan bahan yang digunakan : Kandang Jepit, Mesin gerendra tangan, pisau pemotong kuku atau renet, peggaris tali untuk pengepangan. Sedangkan obat oabatan yang di perlukan adalah Vovindon iodine, deksekvektan, dan yudioum tintur serta pormalin.

 Langkah langkah dalam pemotongan kuku adalah sebagai berikut :  Keluarkan ternak yang sudah dimandikan dan diberi pakan yang mau dipotong kukunya. Ikat kaki yang ingin dipotong kukunya agar lebih mudah untuk melakukan pemotongan dan berikan tali juga dibawah tubuhnya agar ternaknya aman, nyaman dan kitapun aman dari rontaan sapi yang akan dipotong kukunya.Ternak dimasukkan kedalam kandang jepit tempat perawatan kesehatan ternak sapi. Sebelum dipotong Ukur panjang kuku ternak dengan mistar, setelah itu dicatat kemudian dibersihkan dari batu dan kotoran dengan sikat dan diberi desinfektan. Selanjutnya buatlah pola pada kuku dengan gerinda terlebih dahulu Gerakan tangan memotong kuku ternak adalah mengiris, yaitu kama ditarik vertikal dari atas ke bawah, bukan mencabik. Lakukan pemotongan menurut garis pola yang sudah dibuat secara rata sampai kedua belah kuku betul-betul simetris dan rata. Apabila ada cekungan pada kuku, bersihkan menggunakan rennet. Bila dinding kuku masih terlihat tebal, gunakan gerinda atau alat kikir hingga 0,5 cm dari batas garis putih.   Setelah selesai, panjang kuku diukur kembali dengan mistar dan dicatat. Ternak yang telah dilakukan pemotongan kuku kakinya dimasukkan kedalam kandang perawatan yang ada dibuat khusus bak perendam kaki yang telah diberikan desifektan atau formalin. Alat potong kuku yang telah selesai dipakai kemudian di bersihkan dan disanitasi agar tetap terawat dan terjaga kebersihannya.

Catatan : potonglah kuku tapi jangan sampai terlalu tipis karena jika terlalu tipis juga dapat mengakibatkan rasa sakit karena waktu berjalan akan menyentuh pembuluh darah  yang ada dibawah kaki.

Sumber: Subiakti, Bptu HPT Batu Raden tersambung 20 Juni 2021

      Ilmu Peternakan dan pertanian datapeternakan.blogspot.com

       Penulis : Suryani,S.ST

 

 

 

PENGUNJUNG

48883

HARI INI

58280

KEMARIN

43279260

TOTAL
Copyright © cybext.pertanian.go.id
rss twitter facebook